Advertisement

Pemerintah Pastikan Tak Akan Menaikkan Tarif Listrik hingga September 2024

Lukman Nur Hakim
Senin, 01 Juli 2024 - 06:17 WIB
Sunartono
Pemerintah Pastikan Tak Akan Menaikkan Tarif Listrik hingga September 2024 Staf PLN memasang tambah daya di sebuah rumah (IST)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemerintah mempertahankan tarif listrik pada triwulan III/2024 atau Juli-September 2024 untuk pelanggan nonsubsidi dan subsidi. Tidak ada kenaikkan harga. Sesuai ketentuan dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016.

Peraturan Menteri ESDM Nomor 8 Tahun 2023 bahwa penyesuaian tarif tenaga listrik bagi 13 golongan pelanggan nonsubsidi dapat dilakukan setiap 3 bulan mengacu pada perubahan terhadap realisasi parameter ekonomi makro, yakni kurs, Indonesian Crude Price (ICP), inflasi, serta harga batu bara acuan (HBA).

Advertisement

Berdasarkan regulasi tersebut, parameter ekonomi makro yang digunakan untuk triwulan III/2024 adalah realisasi pada Februari, Maret, dan April Tahun 2024, yaitu kurs sebesar Rp15.822,65 per dolar AS, ICP sebesar US$83,83 per barel, inflasi sebesar 0,38%, dan HBA sebesar US$70 per ton sesuai kebijakan DMO batu bara.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman P. Hutajulu mengatakan, kebijakan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menjaga daya saing industri serta menjaga tingkat inflasi. "Berdasarkan empat parameter [kurs, ICP, inflasi dan HBA] seharusnya penyesuaian tarif tenaga listrik atau tariff adjustment bagi 13 golongan pelanggan mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. Namun, untuk menjaga daya saing dan mengendalikan inflasi, pemerintah memutuskan tarif listrik tetap atau tidak naik," kata Jisman dalam keteranganya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, tarif listrik tidak akan naik pada Juli 2024. Airlangga menuturkan, pemerintah belum dapat memastikan sampai kapan bakal menahan tarif listrik. "Nanti kita monitor dulu. Tidak, kalau naik sih tidak," kata Airlangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Prameks Stasiun Tugu Jogja-Kutoarjo, Rabu 3 Juli 2024

Jogja
| Rabu, 03 Juli 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement