Advertisement

Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi Digadang-gadang Jadi Irjen Kemendag

Anshary Madya Sukma
Selasa, 11 Juni 2024 - 08:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi Digadang-gadang Jadi Irjen Kemendag Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat memberi arahan dalam rangka kesiapan penyekatan jalur mudik tahun 2021 yang digelar di wilayah hukum Polres Magelang, bertempat di Hotel Grand Artos, Kamis (15/4/21). - Ist/dok Polri

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi saat ini berproses menduduki jabatan sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI. Hal itu dibenarkan oleh Mabes Polri.

"Ya [Ahmad Luthfi berproses jadi Irjen Kemendag RI]," ujar Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, dikutip Selasa (11/6/2024).

Advertisement

BACA JUGA: PKB Perjuangkan Gus Yusuf Jadi Calon Gubernur Jateng

Menurutnya, proses itu dilakukan karena pengajuan Ahmad Lutfi sebagai pejabat untuk eselon satu yang harus menunggu hasil Tim Penilaian Akhir (TPA) dan keputusan presiden (keppres).

"Karena itu [Irjen Kemendag] jabatan eselon 1 maka menunggu TPA dan keppres dulu," tambahnya.

Adapun Luthfi telah menjabat sebagai Kapolda Jawa Tengah sejak 2020 lalu. Luthfi adalah salah satu perwira tinggi Polri non Akpol yang berhasil menduduki jabatan strategis. Sebelum menjadi Irjen di Kemendag, Luthfi juga digadang-gadang akan maju sebagai calon gubernur Jawa Tengah.

Berdasarkan catatan JIBI, Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) menyampaikan enam tokoh muncul dalam hasil survei ‘top of mind’ bakal calon gubernur dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024.

Dari enam tokoh itu, di antaranya ada Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, politisi PDI Perjuangan Hendrar Prihadi atau Hendi dan juga politisi Partai Gerindra Sudaryono.

Kemudian, nama Taj Yasin Maimoen selaku mantan Wagub Jateng, Dico M. Ganinduto yang merupakan Bupati Kendal, hingga ulama dan budayawan Muhammad Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf.

BACA JUGA: Kualitas Pelayanan Publik Meningkat, Pj Gubernur Jateng Raih Anugrah Inovasi Pembangunan Terpuji

Hendi memimpin daftar survei dengan elektabilitas mencapai 21,2%. Sudaryono, yang menjabat Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah, menyusul dengan meraup 19,1%. Taj Yasin Maimoen berada di posisi berikutnya dengan elektabilitas mencapai 16,6%. Lalu, Ahmad Lutfie meraih 11,7%, Dico sebesar 11,1%, dan Gus Yusuf meraup elektabilitas 9,2%.

Sementara itu, jumlah responden yang tidak memilih mencapai 11,1%. Direktur Eksekutif LKPI Tobu Lubis menjelaskan survei tersebut dilakukan di 35 kabupaten/kota dengan responden sebanyak 1.820 orang yang berusia di atas 17 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Gempur Rokok Ilegal

Advertisement

alt

Pemuda di Bantul Disangka Klitih, Diamuk Warga, Ternyata Korban Laka Lantas

Bantul
| Minggu, 23 Juni 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement