Advertisement

Dukung Pariwisata, PLN Percantik Pantai Mangunharjo Jelang Libur Iduladha

Media Digital
Kamis, 06 Juni 2024 - 19:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dukung Pariwisata, PLN Percantik Pantai Mangunharjo Jelang Libur Iduladha Menjelang libur Iduladha, PLN menggelar Aksi Bersih Pantai dan pemberian bantuan pada pengelola Pantai Mangunharjo. Istimewa

Advertisement

JOGJA–PLN kembali hadir untuk mendukung sektor pariwisata di Kota Semarang, Jawa Tengah. Menjelang libur Iduladha, PLN menggelar Aksi Bersih Pantai dan pemberian bantuan pada pengelola Pantai Mangunharjo, salah satu destinasi pariwisata di Semarang, melalui program Tanggung Jawab Sosial (TJSL).

Selain bertujuan menjaga kelestarian lingkungan, Aksi Bersih Pantai yang digelar PLN pada Rabu (5/6/2024) juga bertujuan menjaga kebersihan Pantai Mangunharjo. Terlebih Pantai Mangunharjo merupakan obyek wisata pantai yang cukup digemari warga kota Semarang, langkah ini diharapkan dapat menginspirasi warga sekitar dan pengunjung untuk lebih sadar kebersihan terutama wilayah pantai yang rawan tercemar sampah mikroplastik.

Advertisement

Tak hanya itu, dukungan PLN untuk mempercantik Pantai Mangunharjo juga diwujudkan dalam pemberian bantuan berupa 20 tong sampah yang ditempatkan di sepanjang jalan akses Pantai. Tong sampah ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan sampah yang kerapkali memperburuk kondisi lingkungan tempat pariwisata. PLN juga melakukan penanaman 10 Cemara Laut yang selain dapat mempercantik pantai juga bermanfaat dalam melindungi pantai dari abrasi, penyerapan karbon, produksi oksigen, dan pelestarian keanekaragaman hayati di ekosistem pantai.

Romadhon, perwakilan pengelola Pantai Mangunharjo Semarang, menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya karena bantuan tong sampah ini dinilai sangat tepat dan bermanfaat untuk menjaga kebersihan, khususnya kebersihan area Pantai yang dimanfaatkan sebagai pusat jajanan pengunjung.

“Terimakasih PLN atas bantuannya, semoga dengan ini Pantai Mangunharjo dapat terjaga kebersihannya.” tutur Romadhon.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY, Mochamad Soffin Hadi, menyatakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan ini merupakan wujud dari PLN untuk mendukung sektor pariwisata di daerah sekaligus upaya meningkatkan kesadaran kebersihan pantai yang menjadi tempat wisata di Semarang.

“Bertepatan dengan Aksi Bersih Pantai, PLN juga memberikan bantuan TJSL sebagai salah satu bentuk komitmen PLN dalam mendukung sektor pariwisata dan lingkungan hidup. PLN berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran bersama untuk terus menjaga kebersihan lingkungan sekitar sekaligus mengajak generasi muda peduli terhadap pengelolaan sampah.” jelas Soffin.

Pada kesempatan ini, PLN juga melakukan aksi untuk mewujudkan kesadaran masyarakat akan kelestarian lingkungan dengan menambahkan beberapa tulisan signage seperti “Pantai kita, tanggung jawab kita”, ataupun Jangan kotori keindahannya”. Selain itu, dukungan PLN juga diberikan dalam bentuk perbaikan pagar pada Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R) di kawasan Pantai Mangunharjo. Dengan bantuan pagar ini TPS 3R diharapkan dapat mengumpulkan bahan baku daur ulang secara lebih optimal, dan menjadi semakin layak sebagai tempat edukasi “Kampung Pilah Sampah” sesuai nama TPS 3R yang mereka pilih. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Gempur Rokok Ilegal

Advertisement

alt

Warga Lereng Merapi di Sleman Dilatih Mitigasi Bencana Hadapi Gunung Meletus

Sleman
| Jum'at, 28 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement