Advertisement

Kepulauan Seribu Diguncang Gempa, Terasa sampai Tangerang

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 15 Mei 2024 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Kepulauan Seribu Diguncang Gempa, Terasa sampai Tangerang Gempa Ilustrasi / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Gempa bumi terjadi di wilayah Kepulauan Seribu, Rabu (15/5/2024) pukul 16.42.56 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan Magnitudo 5,1.

Data BMKG mencatat, episenter gempabumi terletak pada koordinat 5,83° LS ; 106,63° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 14 Km arah Tenggara Kepulauan Seribu, DKI Jakarta pada kedalaman 265 km.  

Advertisement

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas dalam lempeng Indo-Australia (intraslab-event).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun-geser (normal-oblique).

BACA JUGA: Gempa Magnitudo 6,5 Guncang Garut Jawa Barat

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu Utara, Adm.Kep.Seribu, Teluknaga, Tangerang dengan skala intensitas III - IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.  Hingga pukul 17.10 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Antisipasi Ageing Population, Pemkab Sleman dan BKKBN Rilis Sekolah Lansia

Sleman
| Selasa, 28 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement