Advertisement

Ratusan Hotel di Jepang Jadi Korban Penipuan lewat Booking.com

Newswire
Senin, 15 April 2024 - 12:57 WIB
Maya Herawati
Ratusan Hotel di Jepang Jadi Korban Penipuan lewat Booking.com Ilustrasi Hotel/ Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ratusan hotel di Jepang dilaporkan menjadi korban penipuan melalui email dengan cara mencoba mencuri informasi kartu kredit pelanggan, menggunakan situs Booking.com. Situs ini adalah tempat untuk reservasi akomodasi perjalanan dan juga menginap.

Jumlah ini berdasarkan penghitungan Kyodo News yang ditemukan Sabtu (13/4/2024). Dikutip dari Kyodo, ada 100 lebih hotel  mengatakan pelanggan mereka kehilangan uang setelah penipu mencuri rincian kartu mereka.

Advertisement

Badan Pariwisata Jepang telah menginstruksikan Booking.com Japan K.K., unit operator situs pemesanan penginapan utama di Jepang, untuk melakukan penyelidikan penuh.

Penipuan phishing, yang merupakan upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan, terjadi ketika kasus serupa dilaporkan di seluruh dunia, dan Jepang melihat kembalinya tingkat pariwisata yang meningkat setelah pembatasan perbatasan COVID-19 dicabut.

Dengan bantuan spesialis keamanan siber anonim Piyokango, penghitungan Kyodo News menemukan bahwa pada tanggal 26 Maret, sekitar 118 bisnis akomodasi di setidaknya 21 prefektur telah terkena dampaknya sejak Juni tahun lalu.

Penipu mengirim email ke hotel-hotel Jepang untuk mengakses sistem manajemen Booking.com mereka. Email tersebut berisi tautan, yang menginfeksi komputer setelah diklik.

Para peretas kemudian mencuri kredensial Booking.com bisnis tersebut untuk mengirimkan permintaan pembayaran palsu kepada pelanggan yang memiliki reservasi, memberi tahu para tamu bahwa masa menginap mereka akan dibatalkan tanpa pembayaran di muka.

BACA JUGA: Open House Lebaran Sultan HB X, Warga Akan Disuguhi Soto Ayam dan Aneka Jenang

Pelanggan kemudian diarahkan untuk memasukkan rincian kartu mereka ke situs web palsu. Dalam satu kasus pada bulan Agustus tahun lalu, sebuah hotel terjerat oleh penipu ketika seorang karyawan mengklik link yang diklaim pengirimnya sebagai daftar alergi makanan putri pelanggan.

Seorang pejabat di hotel mengatakan para penipu "mengeksploitasi keinginan kami untuk melakukan yang terbaik untuk memenuhi keinginan pelanggan."

Kasus penipuan serupa pertama kali dikonfirmasi di Eropa pada tahun 2022, dan insiden tersebut kemudian menyebar ke hotel-hotel yang berbasis di Amerika Serikat, Asia, dan Oseania.

Booking.com mengatakan pada bulan Desember lalu bahwa mereka tidak meminta pelanggan untuk memberikan detail kartu melalui chat atau email.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Beli Tiket Kereta Bandara YIA Bisa via Online, Begini Caranya

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement