Advertisement

Warga Muslim di Leihitu Salat Id Pagi Ini

Newswire
Selasa, 09 April 2024 - 12:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Warga Muslim di Leihitu Salat Id Pagi Ini Warga Negeri Hila, Leihitu, Maluku Tengah saat melaksanakan shalat Id 1445 Hijriah, Selasa. (ANTARA - Winda Herman)

Advertisement

Harianjogja.com, AMBON—Umat Muslim di beberapa desa di Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Provinsi Maluku melaksanakan ibadah salat Idulfitri 1445 Hijriah pada hari ini, Selasa (9/4/2024).

Mereka yang merayakan hari kemenangan 1 Syawal 1445 Hijriah ini, yakni warga di Negeri Hila, Kaitetu, Seith, dan Negeri Lima.

Advertisement

Salah seorang Imam masjid ,Abdul Kadir Ollong di Negeri Hila, Selasa, mengatakan penetapan 1 Ramadan 1445 hijriah di Hila dilakukan berdasarkan perhitungan/hisab dengan menggunakan kalender tua. "Untuk penetapan 1 Ramadan, kami mulai menghitung dari 1 Muharam 1445 Hijriah, dan semua itu seirama sampai dengan 1 Syawal hari ini," kata Ollong.

Pelaksanaan salat Idulfitri dipusatkan di Masjid Hasan Sulaiman Hila. Shalat dipimpin imam dan khatib Masjid Hasan Sulaiman Hila, Yusuf Lating. Shalat Id di Hila berlangsung aman, lancar dan khidmat.

Baca Juga

Kemenag Kulonprogo Rilis Penetapan Hari Raya Idulfitri dan Aturan Takbir Takbir Keliling

Ada Pulau Baru di Maluku, Begini Penjelasan BRIN

Presiden Berbusana Tanimbar Maluku dalam Sidang Tahunan, Ini Kata Pengamat Mode

Ollong mengaku warga Hila mulai melaksanakan ibadah puasa 1 Ramadan pada Minggu (10/3/2024). “Jadi kami puasa selama 30 hari sehingga, hari ini kami tunaikan salat Id," ujarnya.

Sama halnya dengan Hila, pelaksanaan shalat Id di Kaitetu, Seith dan Negeri Lima juga berjalan aman dan lancar.

Empat desa yang menggelar shalat Id lebih awal ini memiliki kesamaan perhitungan atau hisab dalam menentukan 1 Syawal 1445 Hijriah. Sebelumnya, selain empat negeri ini, Negeri Wakal juga lebih awal melaksanakan shalat Id pada Senin (08/04).

Sementara negeri lainnya di Leihitu, seperti Hitu, Mamala, Morella, Ureng dan lainnya akan menggelar pada Rabu (10/4/2024). Sementara itu, tahun ini, Kementerian Agama baru akan menggelar Sidang Isbat (Penetapan) 1 Syawal 1445 Hijriah pada Selasa, 9 April 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Latih Tarung Berujung Maut di Sleman, Polisi Tetapkan Satu Tersangka

Sleman
| Rabu, 08 Mei 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement