Advertisement

Gudang Amunisi TNI Meledak Jadi Sorotan Media Asing, Amunisi Kedaluwarsa Jadi Biang

Oktaviano DB Hana
Minggu, 31 Maret 2024 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Gudang Amunisi TNI Meledak Jadi Sorotan Media Asing, Amunisi Kedaluwarsa Jadi Biang Ledakan gudang amunisi. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sejumlah media asing turut mengabarkan peristiwa kebakaran gudang peluru atau Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (30/3/2024). Amunisi kedaluwarsa yang diperkirakan menjadi pemicu awal kebakaran turut menjadi sorotan pemberitaan tersebut.

Reuters, misalnya, melalui laporan bertajuk Firefighters tackle massive blaze at Indonesian ammunition store mengabarkan bahwa petugas pemadam kebakaran berjibaku untuk memadamkan api besar yang terjadi sejak Sabtu di gudang amunisi militer dan menyebabkan serangkaian ledakan.

Advertisement

Kantor berita internasional itu mengutip pernyataan Panglima Kodam (Pangdam) Jaya Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan yang menyebutkan bahwa tidak korban tewas atau terluka dalam insiden tersebut. 

Dalam keterangan kepada awak media, Pangdam Jaya juga memerinci bahwa kebakaran terjadi di bagian fasilitas yang digunakan untuk menyimpan amunisi kedaluwarsa. “Amunisi kadaluwarsa mengandung bahan kimia yang tidak stabil. Mungkin ada beberapa gesekan yang memicu kebakaran,” kata Hasan, seperti diberitakan Reuters, Minggu (31/3/2024).

South China Morning Post (CMP) melaporkan bahwa kebakaran masif di gudang amunisi itu berhasil dipadamkan pada Minggu dini hari. Otoritas militer RI kemudian menyisir daerah pemukiman terdekat untuk mengumpulkan bahan-bahan yang mungkin terlempar pascaledakan yang dipicu kebakaran sejak Sabtu sekitar 18.30 WIB.

Api padam sekitar pukul 03.45 pada hari Minggu, kata Mohammad Hasan, Pangdam Jaya. “Kami sedang menyelidiki area sekitar lokasi dan kami akan menyisir dan membersihkan bahan-bahan yang dibuang dari depo,” kata Hasan, seperti diberitakan SCMP dalam artikel bertajuk Massive fire at Indonesia military complex extinguished, Minggu.

Hasan juga memperingatkan warga untuk tidak menyentuh benda-benda yang terlempar dari lokasi kebakaran lantaran dapat membahayakan.

Evakuasi Warga

Sementara Kantor Berita Xinhua, melaporkan bahwa ratusan orang dievakuasi setelah ledakan terjadi di gudang militer tersebut. Evakuasi lebih dari 130 keluarga dilakukan setelah ledakan terjadi di gudang amunisi militer di di Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sekitar 7 km dari perbatasan timur Jakarta.

Laporan menunjukkan ledakan terdengar dalam radius 7 km. Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengatakan kepada media lokal pada hari Sabtu bahwa para pengungsi saat ini ditempatkan di dua tempat penampungan sementara yang terpisah.

BACA JUGA: Ledakan Gudang Amunisi Daerah Kodam Jaya Tak Menelan Korban Jiwa, Berikut SOP yang Diberlakukan

Di sisi lain, Pangdam Jaya Mohamad Hasan mengatakan api berasal dari gudang kompleks militer yang digunakan untuk menyimpan amunisi kedaluwarsa. “Penyelidikan penyebab kebakaran masih dilakukan,” tulis laporan tersebut.

Alarabiya News, saluran TV dari Uni Emirat Arab, melaporkan bahwa gudang yang meledak tidak ada dialiri listrik sehingga kemungkinan ledakan disebabkan oleh amunisi kedaluwarsa yang tidak stabil. “Kami menduga [ledakan] ini disebabkan oleh amunisi yang sudah habis. Ada kemungkinan bahan kimia dan bahan peledak tersebut tidak stabil,” kata Pangdam Jaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Indonesia Vs Irak, Perebutan Peringkat Ketiga Piala Asia U-23

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement