Advertisement

BMKG Prediksi Sejumlah Kota besar Diguyur Hujan Sabtu 30 Maret 2024

Newswire
Sabtu, 30 Maret 2024 - 07:57 WIB
Sunartono
BMKG Prediksi Sejumlah Kota besar Diguyur Hujan Sabtu 30 Maret 2024 Hujan gerimis / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan bakal mengguyur mayoritas kota-kota besar di Indonesia pada Sabtu ini.

BMKG pada Sabtu (30/3/2024) mencatat sejumlah wilayah seperti Samarinda, Tanjung Pinang, Bandarlampung, Ambon, Mataram, Manokwari, Pekanbaru, Makassar, Manado, dan Padang bakal diguyur hujan dengan intensitas ringan. Sementara Bengkulu, Palembang, dan Bandung diprakirakan akan turun hujan dengan intensitas sedang.

Advertisement

Adapun hujan dengan disertai petir diprakirakan turun di sejumlah wilayah seperti Medan, Banjarmasin, Mamuju, dan Gorontalo.

Sejumlah wilayah juga diprakirakan bakal diliputi awan, seperti Jayapura, Ternate, Palangkaraya, Pontianak, Semarang, Jakarta, Serang, dan Banda Aceh. Adapun awan yang lebih tebal diprakirakan bakal menyelimuti Denpasar dan Kupang.

BMKG juga memprakirakan cuaca cerah berawan akan terjadi di beberapa wilayah seperti Jambi, Yogyakarta, Tarakan, Pangkal Pinang, dan Kendari.
Sementara cuaca di Kota Surabaya diprakirakan akan cerah, dengan suhu udara berkisar 25-34 derajat celsius.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengingatkan potensi cuaca ekstrem dapat terjadi, yang dapat berujung terhadap peningkatan kejadian kebencanaan di sebagian besar daerah akibat intervensi tiga bibit siklon tropis sekaligus.

Sebanyak tiga bibit siklon tropis, yaitu Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P, termonitor berada di sekitar Samudra Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia yang menunjukkan pengaruh terhadap peningkatan hujan di wilayah Indonesia bagian selatan.

Ia mengingatkan para penyedia jasa angkutan transportasi darat, laut, dan udara untuk mengantisipasi potensi cuaca ekstrem yang berlangsung selama arus mudik Lebaran.

"Kami mengimbau seluruh pemudik, penyedia jasa transportasi, dan operator transportasi untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem selama arus mudik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Simak! Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jogja Senin 29 April 2024

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement