Advertisement

25 Rumah dan 1 Rumah Sakit Rusak Dampak Gempa Garut

Hakim Baihaqi
Minggu, 28 April 2024 - 09:17 WIB
Ujang Hasanudin
25 Rumah dan 1 Rumah Sakit Rusak Dampak Gempa Garut Seismik gempa bumi / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GARUT- Sebanyak 25 rumah dan satu rumah sakit di Kabupaten Garut, Jawa Barat mengalami kerusakan akibat gempa bumi magnitudo 6,2 yang terjadi pada Sabtu (27/4/2024) pukul 23.29 WIB.

Berdasarkan informasi, puluhan rumah yang mengalami kerusakan berada di Kecamatan Pameungpeuk, Cisompet, Cibalong, Singajaya, Cikajang, Talegong, Sukawening, Cilawu, Wanaraja, dan Cikelet.

Advertisement

Dari 25 unit rumah, sebanyak tiga unit mengalami rusak berat dan 22 unit lainnya mengalami rusak sedang. Sementara, satu rumah sakit yang mengalami kerusakan ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pameungpeuk, Kecamatan Pameungpeuk.

Dampak kejadian tersebut membuat dua orang mengalami luka ringan. Dua orang di Kecamatan Pameungpeuk, satu orang di Kecamatan Cisompet, dan satu orang di Kecamatan Singajaya.

BACA JUGA: BMKG Ungkap Pemicu Gempa Magnitudo 6,2 Guncang Garut Jawa Barat

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Aah Anwar mengatakan, pascakejadian gempa, seluruh personel sudah ditugaskan ke lokasi kejadian untuk terus melakukan monitoring dampak kerusakan.

"Kami meminta masyarakat tidak percaya hoax video yang beredar," kata Aah, Minggu (28/4/2024).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa bumi berkekuatan 6,5 magnitudo mengguncang 151 kilometer barat daya Kabupaten Garut pada Sabtu kemarin.

Gempa yang terjadi pada kedalaman 10 kilometer ini terasa tidak hanya di wilayah Garut, melainkan hingga Sukabumi, Bandung, Tasikmalaya, Tangerang, Bogor, Jakarta, Kebumen, Banyumas.

Kemudian, Cilacap, Bantul, Sleman, Kulonprogo, Trenggalek, dan Malang. Gempa tersebut tidak menimbulkan potensi terjadinya tsunami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

35 Calon Pedagang Kripto di Indonesia Jalani Proses Pengesahan di Bapebti

Jogja
| Sabtu, 11 Mei 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement