Advertisement

Gempa Bumi Guncang Tuban, Begini Kondisi Evakuasi Pasien RS

Oktaviano DB Hana
Jum'at, 22 Maret 2024 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Gempa Bumi Guncang Tuban, Begini Kondisi Evakuasi Pasien RS Pasien di Rumah Sakit Nadhlatul Ulama, Kabupaten Tuban, dievakuasi ke halaman rumah sakit setelah gempa terjadi, Jumat (22/3/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Gempa berkekuatan magnitudo 6,0 mengguncang Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada Jumat (22/3/2024) siang yang kemudian diikuti serangkaian gempa bumi susulan.

Gempa perdana yang terjadi pada pukul 11.22 WIB itu diikuti dengan 16 gempa susulan dengan kekuatan guncangan fluktuatif mulai 4,4 SR hingga 3,5 SR.  Alhasil, gempa tersebut turut membuat masyarakat sempat panik dan melakukan evakuasi mandiri keluar rumah. 

Advertisement

Dilansir laman resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gempa tersebut bahkan memaksa evakuasi pasien di sebuah rumah sakit di Tuban. “Dilaporkan juga sebagian besar pasien di Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Tuban harus dievakuasi ke halaman rumah sakit sebagai bentuk kesiapsiagaan,” tulis BNPB di laman resminya.

Pascagempa terjadi, BPBD Kabupaten Tuban melaporkan satu unit rumah mengalami kerusakan di area dapur serta merobohkan satu unit bangunan balai desa. 

Di Kabupaten Gresik, gempa tersebut menyebabkan rusaknya sebuah masjid rumah sakit di Kepulauan Bawean.

Hingga keterangan pers tersebut dirilis, BNPB melaporkan tidak ada korban jiwa pasca-gempa. Namun, BPBD Tuban, Rembang dan Gresik terus memonitor dan mendata dampak gempa yang terjadi guna memastikan kondisi dan penanganan lebih lanjut. 

BACA JUGA: Update Gempa Bumi Tuban, BMKG Catat Sudah Ada 16 Kali Gempa Susulan

Sebagai informasi, gempa pertama di Tuban itu dilaporkan berpusat di laut dengan titik episentrum 5.74 Lintang Selatan dan 112.32 Bujur Timur dengan kedalaman 10 Km.

Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BNPB, gempa tercatat berada di lokasi 132 km Timur Laut Tuban, 152 km Timur Laut Rembang-Jateng, 153 km Barat Laut Lamongan-Jatim, dan 175 km Barat Laut Surabaya-Jatim. 

Guncangan gempa dirasakan sedang di Kabupaten Tuban dengan durasi lebih kurang 15 detik. Selain di Tuban, guncangan juga dirasakan di daerah lain, seperti Kabupaten Rembang dengan durasi sekitar 5-20 detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Meninggal Karena Sakit Paru Kronis

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement