Advertisement

2 WNI Terlibat Pencurian Data Jet Tempur KFX, Ini Respons Kemenlu RI

Erta Darwati
Minggu, 17 Maret 2024 - 11:37 WIB
Sunartono
2 WNI Terlibat Pencurian Data Jet Tempur KFX, Ini Respons Kemenlu RI Jet Tempur KFX.

Advertisement

Harianjogjac.com, JAKARTA—Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI memberikan respons terkait Warga Negara Indonesia (WNI) di Korea Selatan yang diduga terlibat dalam pencurian data pengembangan jet tempur KFX.

Juru bicara Kemlu RI Lalu Muhamad Iqbal membenarkan terdapat 2 WNI yang saat ini sedang diverifikasi atas keterlibatannya dalam kasus tersebut. "Soal status WNI yang terlibat dalam pengembangan KFX di Korea Selatan, benar bahwa saat ini ada 2 WNI yang diverifikasi dalam kasus tersebut," katanya, kepada awak media, dikutip Minggu (17/3/2024).

Advertisement

Dia menjelaskan bahwa KBRI Seoul terus memonitor dan mendampingi yang bersangkutan sejak munculnya kasus tersebut. Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa belum ada kepastian dan kesimpulan dari dugaan keterlibatan WNI dalam kasus itu. "Belum ada hasil akhir atau kesimpulan dari verifikasi tersebut. Karena itu terlalu jauh untuk menyebut ini kasus pencurian data," ujarnya. B

Sementara itu, dia menekankan bahwa untuk menghargai privasi yang bersangkutan, pihaknya tidak bisa memberikan nama kedua WNI tersebut. Seperti diketahui, insinyur Indonesia diselidiki atas kasus dugaan pencurian teknologi jet tempur buatan Korea Selatan (Korsel) yang sedang dikembangkan oleh RI-Korsel.

Melansir Yonhap News Agency, Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA) kini mencurigai para insinyur yang dikirim ke Korea Aerospace Industries (KAI) menyimpan data pengembangan jet tempur KFX di USB. DAPA melaporkan 2 WNI telah ditangkap sejak Januari 2024.

Namun identitas keduanya tidak diungkap ke publik. “Investigasi bersama yang terdiri dari lembaga-lembaga terkait, termasuk Badan Intelijen Nasional, saat ini sedang dilakukan untuk menyelidiki dugaan pencurian teknologi yang dilakukan oleh WNI,” kata DAPA.

Sementara itu, dilaporkan bahwa penyelidikan itu akan terfokus pada data yang disimpan berisi teknologi strategis yang terkait dengan program pengembangan KFX. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

45 Caleg Terpilih DPRD Bantul 2024 Ditetapkan, Ini Daftarnya

Bantul
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement