Advertisement

Hujan Masih Belum Merata, BMKG Deteksi 34 Titik Panas di Balikpapan

Newswire
Sabtu, 27 Januari 2024 - 20:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Hujan Masih Belum Merata, BMKG Deteksi 34 Titik Panas di Balikpapan Petugas berusaha mematikan titik api di Balikpapan, Kalimantan Timur. Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BALIKPAPAN—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan, Kalimantan Timur mendeteksi sebanyak 34 titik panas tersebar di Provinsi Kalimantan Timur. Seluruh pihak diminta untuk lebih waspada.

"Sebanyak 34 titik panas ini terpantau sepanjang Sabtu, hari ini mulai pukul 01.00 hingga 17.00 WITA," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Sabtu (27/1/2024).

Advertisement

Informasi sebaran titik panas ini sudah disampaikan ke pihak terkait, termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat provinsi dan kabupaten masing-masing agar dapat dilakukan tindakan lebih lanjut.

Ia mengatakan saat ini memang sudah memasuki musim hujan, tetapi masih ada sejumlah kawasan yang tidak terjadi hujan dalam beberapa hari yang bisa mengakibatkan daun dan ranting di hutan maupun lahan yang mengering, sehingga mudah terbakar.

Baca Juga

Ditemukan 4.345 Titik Api di Kalimantan Selatan

Hujan Belum Merata, 21 Titik Panas Terdeteksi di Wilayah Kutai Timur

Menyala 13 Hari, Api di Hutan Gunung Lawu Akhirnya Padam

Untuk itu, ia mengimbau semua pihak untuk selalu waspada dan sama-sama mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), seperti tidak melakukan pembakaran di hutan maupun lahan.

Sebanyak 34 titik panas ini mengalami peningkatan ketimbang hari sebelumnya (26/1/2024) yang tercatat 19 titik dan tersebar pada tiga kabupaten, yakni Paser, Kutai Timur, dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Sedangkan 34 titik panas yang terpantau hari ini tersebar di lima kabupaten yakni Paser (1), Kutai Barat (1), Kutai Timur (27), Kutai Kartanegara (2), dan Kabupaten Berau (3) titik," kata Diyan.

Rinciannya adalah di Paser berada di Kecamatan Tanjung Harapan, di Kutai Barat berada di Kecamatan Jempang, keduanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Untuk 27 titik yang terpantau di Kabupaten Kutai Timur, tersebar pada empat kecamatan, yakni Kecamatan Sangatta Utara (4) titik, Bengalon (16), Kaubun (6), dan Kecamatan Kongbeng terpantau (1) titiktitik dengan tingkat kepercayaan menengah.

"Di Kutai Kartanegara yang terpantau dua titik berada di Kecamatan Sebulu dan Kembang Janggut. Di Kabupaten Berau yang terdeteksi tiga titik, ketiganya berada di Kecamatan Kelay yang juga memiliki tingkat kepercayaan menengah," kata Diyan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo Jogja Jumat 3 Mei 2024, Berangkat dari Stasiun Palur Solo

Jogja
| Jum'at, 03 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement