Advertisement

Yaman Dihantam Sekutu, Situasi Laut Merah Makin Panas Kerek Harga Minyak

Kahfi
Sabtu, 13 Januari 2024 - 09:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Yaman Dihantam Sekutu, Situasi Laut Merah Makin Panas Kerek Harga Minyak Kapal kargo Galaxy Leader dikawal oleh kapal Houthi di Laut Merah dalam foto yang dirilis 20 November 2023. Media/Handout Militer Houthi via REUTERS GAMBAR INI TELAH DISEDIAKAN OLEH PIHAK KETIGA - File Foto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Berdalih meredam serangan Kelompok Houthi yang belakangan memborbardir kapal di Laut Merah, Amerika Serikat dan Inggris menggempur Yaman.

Dikutip dari Bloomberg, pada Jumat (12/1/2023), AS dan Inggris melancarkan sekitar 70 serangan udara terhadap sasaran Houthi di Yaman pada Jumat pagi.

Advertisement

BACA JUGA: Kemenlu Pastikan 47 WNI di Yaman dalam Kondisi Aman

Sekutu beralasan serangan itu merupakan upaya menghentikan serangan kapal kelompok yang didukung Iran di Laut Merah.

Kelompok Houthi tampaknya tidak terpengaruh, dan bersumpah untuk terus menargetkan kapal-kapal komersial dan mengatakan mereka akan memperluas kampanye mereka “segera.”

Mereka mengatakan semua kepentingan AS dan Inggris kini menjadi target yang sah. Harga minyak naik lebih dari 4%, dengan Brent naik di atas US$80 per barel untuk pertama kalinya sejak akhir Desember.

Aksi militer tersebut menggarisbawahi dampak yang semakin mendalam di Timur Tengah akibat perang Israel-Hamas, yang telah memasuki bulan keempat.

Kelompok Houthi mulai menyerang kapal-kapal pada pertengahan November, sebagai bentuk dukungan terhadap Hamas, dan mengatakan mereka tidak akan mundur sampai Israel berhenti berperang di Gaza.

AS dan sekutunya mengklaim telah mencegah eskalasi. Sebaliknya, kelompok Houthi dinilai mengabaikan semua peringatan untuk mengakhiri serangan tersebut, yang telah mengguncang rantai pasokan global dan menaikkan biaya pengiriman.

BACA JUGA: Pernah ke Yaman, Densus 88 Ringkus 3 Terduga Teroris

Serangan itu terjadi beberapa jam setelah diplomat utama Presiden AS Joe Biden, Antony Blinken, mengakhiri tur besar lainnya di kawasan itu untuk meredakan ketegangan.

Serangan dimulai sekitar pukul 02.30 waktu Yaman, dengan penduduk di ibu kota Sanaa dan kota pelabuhan Laut Merah Hodeida melaporkan adanya ledakan besar. Kota-kota lain yang dikuasai Houthi juga diserang termasuk Saada, Taiz dan Hajjah.

Kelompok Houthi mengatakan total ada 73 serangan dan lima pejuang tewas. Tidak jelas apakah ada korban sipil. Pasukan Amerika dan Inggris menyerang 16 lokasi termasuk bandara, instalasi radar, serta lokasi penyimpanan dan peluncuran drone dan rudal, menurut militer AS.

AS menyerang dengan jet di kapal induk USS Eisenhower, serta dengan rudal Tomahawk yang diluncurkan dari kapal selam dan kapal lainnya. Inggris mengirim pesawat dari pangkalan di Siprus.

Belanda, Australia, Kanada dan Bahrain memberikan dukungan sebagai bagian dari misi tersebut, meskipun mereka tidak menembakkan rudal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kontes Kambing PE Ras Kaligesing Regional Jawa Digelar di Kalasan Sleman

Sleman
| Minggu, 28 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement