Advertisement

Pemda Diminta Segera Menyusun Program Pembangunan Rumah Tahan Gempa

Newswire
Jum'at, 12 Januari 2024 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Pemda Diminta Segera Menyusun Program Pembangunan Rumah Tahan Gempa Seismik gempa bumi / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemerintah daerah (pemda) diminta untuk segera menyusun program pembangunan rumah tahan gempa bumi.

“Kami terus pacu kepada masyarakat dan pemerintah daerah bahwa harus punya program memperkuat rumah-rumah yang sekarang dibangun,” kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal TNI Suharyanto dalam Kaleidoskop Bencana 2023 dan Outlook Bencana 2024 di Jakarta, Jumat (12/1/2024).

Pembangunan rumah di Indonesia khususnya di Jawa, harus mulai tahan gempa karena belajar dari pengalaman sebelumnya seperti di Sumedang, Jawa Barat dengan gempa Magnitudo 4,1 kemudian gempa Magnitudo 4,8 ternyata, mampu meluluhlantakkan rumah-rumah warga. “Itu kami pikir ah tidak ada masalah, gitu ya. Ternyata begitu kami sampai di sana banyak yang rusak,” ujarnya.

Advertisement

BACA JUGA: Ternyata Begini Rahasia Struktur Bangunan Antigempa ala Jepang

Menurut dia, mayoritas rumah masyarakat di Jawa, baik Jawa Tengah, Jawa Timur, maupun Jawa Barat, strukturnya tidak tahan gempa padahal daerah-daerah itu berpotensi mengalami gempa cukup besar.

Dia menjelaskan struktur bangunan yang tidak tahan gempa menyebabkan potensi menelan korban jiwa yang semakin besar mengingat sebenarnya korban jiwa pada gempa terjadi karena tertimpa runtuhan bangunan. “Korban jiwa akibat gempa itu tidak ada. Korban jiwa akibat rubuh rumah itu yang menimbulkan luka dan meninggal,” kata Suharyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hanum, Putri Amien Rais Mendaftar Balon Wali Kota Jogja Lewat PKB

Jogja
| Sabtu, 04 Mei 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement