Advertisement

Gempa Dahsyat Guncang Jepang, Kemenlu Sebut 105 WNI Masih Berada di Penampungan

Erta Darwati
Rabu, 03 Januari 2024 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Gempa Dahsyat Guncang Jepang, Kemenlu Sebut 105 WNI Masih Berada di Penampungan Jalan rusak usai gempa Magnitudo 7,6 mengguncang Semenanjung Noto, Prefektur Ishikawa, pada Senin (1/1/2024). - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengatakan ada 105 warga negara Indonesia (WNI) yang saat ini berada di penampungan (selter) yang disediakan otoritas Jepang pascagempa bumi Magnitudo 7,6 di Prefektur Ishikawa, Senin (1/1/2024). 

Juru bicara Kemenlu, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan bahwa data tersebut berdasarkan hasil komunikasi dengan simpul-simpul WNI di sekitar lokasi gempa bumi di Jepang. 

Advertisement

"Dari hasil komunikasi dengan simpul-simpul WNI di sekitar lokasi gempa, ada sekitar 105 WNI yang saat ini berada di selter-selter yang disediakan otoritas setempat yang membutuhkan bantuan logistik," katanya kepada awak media, Rabu (3/1/2024). 

Dia menjelaskan para WNI saat ini berada di penampungan yang tersebar di tiga lokasi yaitu, di wilayah Ogi, Suzu dan Sakai.  "KBRI Tokyo sudah mulai mendistribusikan bantuan logistik bagi WNI terdampak gempa yang meminta bantuan," ujarnya. 

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa jumlah korban jiwa akibat gempa besar di Ishikawa tersebut sudah mencapai lebih dari 48 orang. "Korban luka tersebar di Prefektur Ishikawa, Niigata, Fukui, Toyama, and Gifu. Sekitar 30 bangunan di Ishikawa dilaporkan roboh," lanjutnya. 

Dia mengatakan bahwa KBRI Tokyo dan KJRI Osaka terus berkoordinasi dengan otoritas setempat dan simpul-simpul masyarakat Indonesia, di Jepang. "Hingga saat ini tidak terdapat informasi adanya WNI yang menjadi korban meninggal," tambahnya. 

Sementara itu, dia mengatakan bahwa otoritas setempat juga telah mencabut peringatan tsunami.

BACA JUGA: Jepang Kembali Diguncang Gempa, Magnitudo 5,5

Namun, otoritas tetap memperingatkan kemungkinan gempa susulan dalam sepekan ke depan.

Seperti diketahui, gempa bumi Magnitudo 7,6 SR mengguncang Prefektur Ishikawa, Jepang pada Senin (1/1/2024) pukul 14.10 WIB atau 16.10 waktu setempat. 

Guncangan juga dirasakan di wilayah Prefektur Niigata, Toyama, dan Fukui, Nagano, Gifu, Tokyo, Yamagata, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, Gunma, Saitama, Shizuoka, Aichi, Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, Tottori, Iwate, Miyagi, dan Akita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hindari Sepeda Motor, Karimun Sruduk Jazz Parkir di Pinggir Ringroad Selatan

Bantul
| Sabtu, 04 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement