Advertisement

KPU Kota Jogja Terima Seluruh Logistik Pemilu Tahap I

Newswire
Rabu, 13 Desember 2023 - 21:37 WIB
Maya Herawati
KPU Kota Jogja Terima Seluruh Logistik Pemilu Tahap I Bilik suara Pemilu 2024 disalurkan. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Seluruh logistik untuk Pemilu 2024 tahap I telah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja. Seluruh keperluan untuk pemungutan suara itu disimpan di gudang logistik Jalan Pramuka, Kota Jogja.

Ketua KPU Kota Jogja Noor Harsya Aryosamodro di Jogja, Rabu, mengatakan logistik tahap pertama mencakup bilik suara, kotak suara, tinta, segel, alat tulis kantor, alas dan paku coblos, hingga plastik pembungkus kotak suara.

Advertisement

"Tahap pertama sudah 100 persen. Itu yang sudah dipesan jauh-jauh hari dan kini sudah masuk di gudang logistik KPU Kota Jogja," kata dia, Rabu (13/12/2023).

Menurut dia, surat suara yang merupakan bagian pengadaan logistik tahap dua baru dicetak oleh KPU DIY pada pertengahan Desember 2023.

Karena itu, ia memperkirakan seluruh logistik tahap dua, termasuk salinan daftar caleg DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan kabupaten kota maupun capres-cawapres baru tiba di gudang logistik di Jalan Pramuka, Kota Jogja pada pertengahan Januari 2024. "Untuk surat suara semua dicetak oleh KPU DIY pada pertengahan Desember," ujar dia.

Menurut Harsya, Kota Jogja bakal mendapat giliran terakhir menerima surat suara dari KPU DIY dibandingkan kabupaten lain karena dianggap memiliki topografi, SDM, gudang, serta sarana prasarana yang lebih mudah dan lengkap.

Setelah seluruh logistik tahap satu maupun dua telah masuk di gudang logistik KPU Kota Jogja, kata Harsya, akan langsung dilakukan penyortiran serta pelipatan surat suara.

BACA JUGA: Menang dari RANS, Pelatih PSS Tetap Lakukan Evaluasi, Ini Poin Pentingnya

Dia menyebut seluruh logistik pemilu di Kota Jogja bakal didistribusikan ke seluruh TPS pada 13 Februari 2024 atau pada H-1 sebelum pencoblosan.

"Tanggal 13 Februari mulai pagi, siang, hingga malam, KPPS akan mengambil logistik," ucap dia.

Harsya memastikan seluruh logistik yang tersimpan dalam dua bangunan gudang di Jalan Pramuka, Kota Jogja dijaga ketat oleh aparat kepolisian selama 24 jam sehingga dijamin aman.

"Selama 24 jam ditunggu oleh satpam dan polisi dari Polresta Jogja dan kami secara rutin juga melakukan monitoring ke gudang," ujar Harsya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

TPA Piyungan Ditutup, Bupati Klaim Sleman Paling Siap Kelola Sampah Dibandingkan Kabupaten/Kota Lainnya

Sleman
| Jum'at, 17 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement