Advertisement

Longsor di Banyumas, Penumpang Kereta Api dari Jakarta Harus Ganti Bus

Anisatul Umah
Senin, 04 Desember 2023 - 13:37 WIB
Maya Herawati
Longsor di Banyumas, Penumpang Kereta Api dari Jakarta Harus Ganti Bus Perbaikan jalur kereta api yang longsor di Banyumas, Jawa Tengah, Senin (4/12/2023) - ist - PT KAI Daop 6 Yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta memberlakukan overstapen atau pengalihan moda transportasi menggunakan bus dan kereta api alternatif bagi penumpang dari Jakarta yang melintas lewat Semarang. Penggantian ini akibat longsor yang terjadi di Banyumas, Senin (14/12/2023) dinihari.

"Untuk KA dari Jakarta dengan tujuan Klaten hingga Jogja, Daop 6 Yogyakarta memberlakukan overstapen atau pengalihan moda transportasi [menggunakan] seperti bus atau alternatif KA dari arah Solo ke Klaten dan Jogja," Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro.

Advertisement

Ia menyebut PT KAI juga memohon maaf karena sejumlah kereta api (KA) tujuan dan keberangkatan stasiun Daop 6 mengalami gangguan, terimbas longsoran yang terjadi di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul-Karangsari Kabupaten Banyumas pada Senin (4/12/2022) dinihari.

Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro mengatakan longsoran terjadi karena pengaruh curah hujan yang sangat tinggi di wilayah tersebut. Akibatnya sejumlah KA tujuan dan keberangkatan stasiun Daop 6 ada yang dibatalkan sebagian rutenya di beberapa relasi dan dialihkan memutar lewat jalur utara melalui Gundih-Semarang-Tegal-Cirebon.

BACA JUGA: Uji Coba Operasional TPST Tamanmartani, DLH Sleman Siapkan 30 Pekerja

Rute lain untuk pengalihan memutar lewat Kroya - Banjar - Bandung - Cikampek.  "Hingga pukul 08.00 WIB Daop 6 mencatat terdapat 10 KA tujuan dan keberangkatan stasiun Daop 6 dialihkan memutar antara lain yaitu KA Kamandaka, Ranggajati, Argo Semeru, Fajar Utama Solo, Fajar Utama Yk, Bengawan, Gajahwong, Taksaka, Argo Lawu, dan Taksaka," ucapnya, Senin (4/12/2023).

Fajar Utama Yogya keberangkatan pkl.07:00, lewat Kroya-Banjar-Bandung-Cikampek-Jakarta. Argo Lawu keberangkatan Solo pkl.08:30 lewat Gundih-Semarang-Tegal-Cirebon-Jakarta.

Lebih lanjut dia meminta agar para pelanggan tidak perlu khawatir dan diimbau untuk terus memperhatikan arahan petugas di stasiun.

"Sekali lagi Daop 6 Yogyakarta memohon maaf atas ketidaknyamanannya karena gangguan perjalanan kereta api akibat curah hujan yang tinggi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ribuan Pelari dari 22 Negara Meriahkan Coast to Coast Ultra 2024 di Pantai Selatan Bantul

Bantul
| Minggu, 25 Februari 2024, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement