Advertisement

Begini Spesifikasi Pesawat Tempur Tucano TNI AU yang Jatuh di Ladang Kentang Lereng Bromo

Miftahul Ulum
Kamis, 16 November 2023 - 16:17 WIB
Arief Junianto
Begini Spesifikasi Pesawat Tempur Tucano TNI AU yang Jatuh di Ladang Kentang Lereng Bromo Tangkapan layar - Pesawat tempur super tucano milik TNI AU yang jatuh sekitar pukul 11.18 WIB di kawasan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11/2023). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SURABAYA—Dua pesawat latih TNI AU berjenis EMB-314 Super Tucano terkonfirmasi jatuh di Pasuruan, Jawa Timur.

Pesawat EMB-314 Super Tucano merupakan pesawat latih lanjutan yang berkemampuan counter insurgency (Coin) atau pesawat antiperang gerilya.

Advertisement

Pesawat ini sangat pas untuk mendukung misi pengintaian, close air support dan penumpasan pemberontak.

Dalam situs tni-au.mil.id dijelaskan, Indonesia memiliki 16 pesawat EMB-314 Super Tucano yang dibeli Indonesia dari Brasil pada 2012 dan ditempatkan di Skadron 21 Abdurahman Saleh, Malang.

EMB-314 Super Tocano terdiri dari dua versi, tipe A-29ALX (kursi tunggal) dan AT-29B (kursi ganda). Khusus versi kursi kursi ganda juga dapat digunakan sebagai elemen pesawat latih lanjut, dan versi inilah yang dimiliki oleh TNI AU.

EMB-314 Super Tucano memiliki perlindingan proteksi untuk awak kabin. Kabin pilot dilindungi bahan baja kevlar pada sekeliling kokpit. Untuk keselamatan, pilot dilengkapi kursi lontar.

BACA JUGA: TNI AU Selidiki Penyebab & Kronologi 2 pesawat Super Tucano TNI AU Jatuh di Pasuruan

Diberitakan sebelumnya, dua pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano TNI Angkatan Udara jatuh di Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru (TNBTS), tepatnya di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11/2023) siang.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, saat dihubungi di Jakarta, Kamis, membenarkan insiden jatuhnya dua pesawat TNI AU itu. "Betul [di Pasuruan] dan ada dua [pesawat tempur]," kata Marsekal Fadjar.

TNI AU masih menyelidiki peristiwa tersebut, termasuk soal kemungkinan adanya prajurit yang menjadi korban, penyebab jatuhnya pesawat, serta kronologi peristiwa. Dua pesawat TNI AU yang jatuh itu diketahui masing-masing unit dengan nomor registrasi TT-3111 dan TT-3103.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Layanan SIM di Bantul Senin 29 April 2024

Bantul
| Senin, 29 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement