Advertisement

Dokter Sukarelawan MER-C: RS Indonesia di Palestina Tak Punya Terowongan

Mutiara Nabila
Jum'at, 10 November 2023 - 21:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dokter Sukarelawan MER-C: RS Indonesia di Palestina Tak Punya Terowongan Peta jalur gaza dan penguasaan Israel pada Oktober 2023 - ist - Wikipedia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Militer Israel terus melakukan serangan rudal ke Jalur Gaza karena menduga rumah sakit-rumah sakit di kawasan tersebut sebagai markas milisi Palestina Hamas. Serangan juga ditujukan untuk rumah sakit Indonesia di Palestina.

Dokter sukarelawan di MER-C (Medical Emergency Rescue Committee), Sarbini Abdul Murad yang sempat mengabdi di Palestina pada 2009 bersaksi tidak ada terowongan atau tempat persembunyian apa pun yang dibuat di RS Indonesia. Menurut dia, dari awal perencanaan, menggambar desain, sampai pengerjaan dan semua tukang dan konstruksinya semua dibuat oleh orang Indonesia. Meskipun bahan- ahan bangunannya dari Palestina.

Advertisement

"Kalau mau dirunut dari desainnya pun nggak ada kita buat terowongan. Ini israel cuma lagi buat narasi gimana caranya bisa menyerang rumah sakit, agar para warga keluar," katanya dalam Media Briefing IDI, Jumat (10/11/2023).

Baca Juga: PBB: Ada yang Salah Dalam Operasi Militer Israel di Jalur Gaza

Ada pula, kata dia, narasi yang beredar jika ada orang membawa bawa senjata senapan AK47 di rumah sakit tersebut. Padahal, yang tersedia hanya tongkat seperti pentungan satpam untuk menertibkan keramaian di sana.

Baca Juga: 4.600 Ibu Hamil di Gaza Butuh Layanan Medis

"Kondisi Gaza saat ini sangat jelek, sangat buruk dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya. Jadi Israel sudah tak pakai aturan perang. Enggak cuma rumah sakit Islam, bahkan rumah sakit Kristen dan gereja Kristen juga dihantam oleh mereka," ujarnya.

Baca Juga: Temukan Terowongan Hamas di Gaza, Israel Turunkan Robot dan Anjing Pelacak

Adapun, serangan rudal dari Israel menurutnya adalah bentuk teror Israel untuk mengusir orang-orang yang berlindung di rumah sakit, agar mereka segera keluar dari sana dan meninggalkan Gaza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Umat Buddha Jatimulyo dan Kesadaran Ekologis

Kulonprogo
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:22 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement