Advertisement

Rakerda AELI DIY Sasar Penguatan Kapabilitas Pegiat Experiential Learning

Galih Eko Kurniawan
Kamis, 09 November 2023 - 16:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Rakerda AELI DIY Sasar Penguatan Kapabilitas Pegiat Experiential Learning Rakerda DPD AELI DIY di Warung Moelih nDeso, Depok, Sleman, Kamis (9/11/2023). - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Experiential Learning Indonesia DIY menggelar rapat kerja daerah yang menyasar penguatan kapabilitas anggota serta organisasi.

Rakerda yang mengambil tema Strengthening Togetherness Capability and Collaboration ini digelar di Warung Moelih nDeso, Depok, Sleman, Kamis (9/11/2023).

Advertisement

Ketua DPD AELI DIY Samuel Gempita Nusa menuturkan penguatan ini penting mengingat setelah pandemi Covid-19, penggunaan layanan jasa metode experiential learning yang acap kali disebut outbound atau pembelajaran berbasis pengalaman kembali ramai.

“Dengan menginovasi diri dan organisasi, tentunya bisa memajukan standar pelayanan para anggota yang terdiri dari para fasilitator, pemilik tempat serta penyedia layanan jasa. Artinya, kualitas yang dimiliki anggota menjadi semakin baik dan tentu berujung pada tercapainya kebutuhan klien serta kapasitas yang dimiliki juga lebih tinggi,” ujarnya kepada Harian Jogja, Kamis.

Rakerda kali ini merupakan yang pertama kali digelar kepengurusan DPD AELI DIY periode 2023-2026. Melihat kebutuhan itu, ada program Kelas Fasilitator yang menyasar kepada para fasilitator serta program Kelas Provider untuk para anggota lembaga.

Lewat program itu, mereka coba diberi kesempatan yang lebih banyak untuk meningkatkan kemampuannya lewat sebuah kelas yang khusus diikuti para fasilitator dan penyedia layanan jasa pembelajaran berbasis pengalaman.

"Ketika dunia experiential learning sudah kembali pulih dari hantaman Covid-19, ini saatnya fasilitator diberi banyak kesempatan mengembangkan diri agar masyarakat serta klien makin banyak yang merasakan manfaat dari pembelajaran berbasis pengalaman,” tutur Samuel.

Meski tak diwajibkan, Samuel memaparkan para pelaku pembelajaran berbasis pengalaman memiliki keuntungan tersendiri ketika masuk AELI, yakni memperluas jejaring, meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa serta menjadi tempat diskusi dan berbagi ilmu.

Untuk pembukaan penerimaan anggota baru, AELI DIY bakal memulainya pada Januari 2024. Keanggotaan terbuka lebar bagi semua penyedia layanan jasa, fasilitator maupun pemilik tempat selama wilayahnya di DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dua TPS 3R Belum Beroperasi, Sampah di Kota Jogja Diolah Swasta Pakai Sistem Tipping Fee

Jogja
| Kamis, 02 Mei 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement