Advertisement

Bibit Siklon Tropis 91W Bawa Peluang Hujan di Kota Besar, Termasuk di Jogja?

Newswire
Senin, 25 September 2023 - 09:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Bibit Siklon Tropis 91W Bawa Peluang Hujan di Kota Besar, Termasuk di Jogja? Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati memberikan keterangan pers di Kantor BMKG Yogyakarta, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (1/12/2021). - ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan peluang hujan di sejumlah kota besar di Indonesia. Hal ini dipengaruhi oleh bibit siklon tropis 91W yang bergerak dari Laut China Selatan menuju arah barat, Senin (25/9/2023).

"Dampak tidak langsung dari bibit siklon tropis tersebut untuk wilayah Indonesia adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat maupun petir di wilayah Aceh, Riau dan Kepulauan Riau," kata Prakirawan BMKG Dendi Rona Purnama diikuti dari YouTube BMKG di Jakarta.

Advertisement

Diawali dari prakiraan cuaca di Pulau Sumatera, situasi di daerah Padang dan Pekanbaru diprediksi cerah berawan, sementara Banda Aceh, Medan, Tanjung Pinang berawan. BMKG mengimbau masyarakat di sekitar Kota Medan untuk mewaspadai hujan disertai kilat maupun petir.

Selanjutnya situasi cuaca di Bandar Lampung dan Pangkal Pinang untuk diprediksi cerah hingga cerah berawan, sementara Palembang dan Bengkulu berawan hingga berawan tebal. Jambi diprediksi berkabut.

BACA JUGA: Sejumlah Kota Besar di Indonesia Diperkirakan Hujan Lebat hingga Petir, Cek Wilayahnya!

Beralih ke Pulau Jawa, kata Dendi, Jakarta, Semarang dan Surabaya diprediksi cerah hingga cerah berawan. Sementara Serang, Yogyakarta diprediksi berawan, dan Bandung berpeluang hujan ringan.

Prakiraan cuaca di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, umumnya cerah berawan terjadi di daerah Denpasar, Kupang dan Mataram.

Pulau Kalimantan berpotensi cerah berawan di daerah Pontianak dan Samarinda. Sedangkan Tanjung Selor berkabut, dan Palangkaraya serta Banjarmasin diprediksi berasap.

Situasi cuaca di Pulau Sulawesi, seperti di daerah Manado, Gorontalo, dan Mamuju cerah berawan. Makassar dan Kendari berawan, Palu berpeluang hujan ringan.

Situasi cuaca di wilayah Indonesia bagian timur, seperti Ternate dan Ambon diprediksi cerah berawan, sementara Manokwari dan Jayapura diprediksi hujan ringan.

"Kondisi siklon 91W juga turut mempengaruhi tinggi gelombang laut mulai dari 1,25 hingga 2,5 meter di daerah Laut Natuna bagian utara, Anambas dan perairan utara Kepulauan Natuna," katanya.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca 25 September 2023, Siang-Malam Langit DIY Cerah Berawan 

Dendi juga menyampaikan prediksi angin di lapisan permukaan wilayah Indonesia secara umum masih bergerak dari arah tenggara dan barat laut dengan kecepatan 10 sampai 60 km per jam.

"Waspadai potensi angin kencang terutama di wilayah Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, dan daerah Sulawesi Selatan," katanya. Suhu udara di wilayah Indonesia berkisar antara 17 sampai 35 Celsius dengan kelembaban berkisar antara 40 sampai 100 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemda DIY Resmi Umumkan UMK Kabupaten/Kota, Segini Besarannya

Jogja
| Kamis, 30 November 2023, 18:17 WIB

Advertisement

alt

BOB Golf Tournament 2023 Jadi Wisata Olahraga Terbaru di DIY

Wisata
| Minggu, 26 November 2023, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement