Advertisement

Gempa Bumi Jadi Bencana Alam Paling Berbahaya di DIY, Ini Penjelasannya

Yosef Leon
Rabu, 21 Juni 2023 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Gempa Bumi Jadi Bencana Alam Paling Berbahaya di DIY, Ini Penjelasannya Ilustrasi jalan yang retak akibat diguncang gempa bumi. - Dok. Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Plh Kepala Pelaksana BPBD DIY Danang Samsurizal menyebut dari 12 ancaman potensi bencana yang ada di DIY, gempa bumi jadi salah satu yang kelasnya diklasifikasikan tinggi dengan dampak sangat parah dan pasti terjadi.

Mengacu pada Dokumen Rencana Kontingensi Gempa Bumi Tingkat Provinsi DIY pada Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana telah memuat dampak yang ditimbulkan jika skenario gempa bumi terjadi di DIY. 

Advertisement

Pada dokumen itu skenario detail kejadian gempa bumi terjadi pada pusat gempa berada pada koordinat 7.88 LS; 110.41 BT di kedalaman 10 km dengan skala intensitas VI-VIII MMI.

Goncangan gempa terjadi selama ± 60 detik. Goncangan gempa terjadi di sepanjang jalur sesar Opak arah barat-timur. Gempa susulan terjadi di sekitar epicentrum gempa dan di sepanjang jalur sesar.

Secara keseluruhan diasumsikan gempa bumi yang diskenariokan memberikan dampak yang besar pada pengungsian dan penduduk yang mengalami luka-luka.

BACA JUGA: Gempa Magnitudo 6,0 di Jogja, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Diasumsikan jumlah penduduk yang terpapar berjumlah 2.492.139 jiwa, dari jumlah penduduk yang terpapar sekitar 40% atau sejumlah 996.856 jiwa harus mengungsi dan yang mengalami luka-luka berjumlah 498.428 jiwa atau 20% dari penduduk yang mengungsi.

Sementara pada aspek fisik kerusakan terkonsentrasi di beberapa wilayah utamanya Kabupaten Bantul yang paling terkena dampak dengan kerusakan perumahan dan infrastruktur masing-masing lebih dari 70% dari jumlah total.

Diskenariokan pula dalam rencana kontigensi gempa bumi ini, di wilayah DIY rumah yang rusak berat/roboh berjumlah 20.836 unit, rusak ringan 256.661 unit, jembatan 5 buah dan 4 gardu induk mengalami kerusakan.

Pasokan air pipa di daerah perkotaan terganggu selama beberapa hari terutama karena matinya aliran listrik, karena 90% air bersumber dari sumur dalam yang di pompa.

Jaringan distribusi air rusak akibat semakin banyaknya kebocoran fisik di wilayah Kota Jogja, terutama di wilayah kemantren yang paling terkena dampak, yakni Umbulharjo, Mergangsan, Kota Gede dan Mantrijeron, diperkirakan lebih dari 200 titik kebocoran.

"Kami sudah siapkan dan sudah ada kajian makro dan mikro. Ada kampung tangguh bencana, kalurahan tangguh bencana dan elemen lain yang sudah kita bentuk untuk kesiapsiagaan masyarakat," kata Danang, Rabu (21/6/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Innova Senggol Setang Beat di Jalan Samas Bantul, 2 Pengendara Sepeda Motor Luka-luka

Bantul
| Jum'at, 17 Mei 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement