Advertisement

Swedia Siap Gabung NATO

Erta Darwati
Senin, 05 Juni 2023 - 15:27 WIB
Jumali
Swedia Siap Gabung NATO Lambang NATO - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan bahwa Swedia telah mengimplementasikan tuntutan Turki di bawah memorandum trilateral. Stolenberg menekankan bahwa dengan terpenuhinya tuntutan Turki, kini Swedia telah memiliki hak untuk dapat bergabung dengan NATO.

BACA JUGA: Zlatan Ibrahimovic Kembali Perkuat Timnas Swedia

Advertisement

Dia menyampaikannya setelah melakukan pembicaraan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Minggu (4/6/2023).

"Swedia telah mengambil langkah nyata yang signifikan untuk memenuhi keprihatinan Turki. Ini termasuk mengubah konstitusi Swedia, mengakhiri embargo senjatanya dan meningkatkan kerja sama kontraterorisme, termasuk melawan PKK (Partai Pekerja Kurdistan)," katanya, seperti dilansir dari TASS, pada Senin (5/6/2023).

Dia juga mengatakan bahwa pertemuan Mekanisme Bersama Permanen berikutnya dengan Swedia akan diadakan pada 12 Juni 2023.

"Undang-undang terorisme baru yang penting telah diberlakukan beberapa hari yang lalu. Jadi, Swedia telah memenuhi kewajibannya," lanjutnya.

Menurutnya, Turki memiliki waktu untuk meratifikasi Swedia dalam keanggotannya melalui Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) NATO di Vilnius.

Turki terus memblokir upaya Swedia untuk menjadi anggota NATO yang menuntut ekstradisi aktivis Kurdi yang dituduh melakukan terorisme di Turki.

Sementara itu, Stockholm menegaskan telah memenuhi semua tuntutan Ankara dan masalah ekstradisi individu konkret adalah kompetensi pengadilan Swedia, bukan pemerintah.

(Sumber: Bisnis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement