Advertisement

Viral Pesawat Asing Parkir Setahun di Bandara Kertajati, Ini Penjelasan Kemenhub

Khadijah Shahnaz Fitra
Senin, 05 Juni 2023 - 11:27 WIB
Sunartono
Viral Pesawat Asing Parkir Setahun di Bandara Kertajati, Ini Penjelasan Kemenhub Gedung Terminal Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Rabu (4/3/2018). Kementerian Perhubungan mengklaim proyek pembangunan sisi darat bandara tersebut sudah mencapai 91,07%. - Bisnis/Rio Sandy Pradana

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara soal adanya dua pesawat asing yang terparkir di Bandara Kertajati, Jawa Barat selama sekitar 1 tahun. Kemenhub menyatakan dua pesawat asing yang berada di Bandara Kertajati, Majalengka sudah memiliki izin.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, mengatakan ada dua pesawat SIPIL tipe A340-200, dengan registrasi F-HFDD dan F-HLMG, memiliki tanda kebangsaan pesawat sipil Prancis, berada di Bandara Kertajati dari tanggal 10 April 2022 sampai dengan 23 Mei 2023.

Advertisement

Adita memanbahkan keberadaan kedua pesawat tersebut adalah dalam rangka pemeliharaan (maintenance) oleh GMF Aero Wisata (GMF).  "Perijinan diajukan oleh PT Jasa Angkasa Semesta," kata Adita kepada Bisnis, Senin (5/6/2023).

BACA JUGA : Empat Bandara Disiapkan Buat Parkir Pesawat Tamu

Kemenhub pun menjelaskan terkait pemeliharaan pesawat adalah sepenuhnya merupakan ranah perusahaan dalam hal ini GMF dengan skema business to business bersama pihak operator pesawat atau perwakilannya. 

Adapun, pada 22 Mei 2023, JAS mengajukan perizinan terbang (flight clearance) untuk kedua pesawat tersebut yang telah selesai dilakukan perawatan oleh GMF.

Kedua pesawat sipil asing tersebut telah keluar dari wilayah Indonesia pada tanggal 23 Mei 2023 dengan tujuan Amman, Jordania (registrasi TZ-DTA dan TZ-DTC) setelah memperoleh persetujuan Flight Clearance (FC) sesuai ketentuan yang berlaku.

Sebelumnya, keberadaan dua pesawat asal Prancis ini mulai jadi bahan pembicaraan ketika ada unggahan di Twitter oleh akun @BabakTaghvaee1, Rabu (31/5/2023).

BACA JUGA : Pernah Dengar Pekerjaan Tukang Parkir Pesawat?

Pemilik akun @BabakTaghvaee1 menjelaskan bahwa dua pesawat berjenis Airbus A340-212 itu merupakan pesawat bekas angkatan udara Prancis. Singgahnya dua pesawat tersebut di Bandara Kertajati dikabarkan untuk menghindari sanksi AS terhadap Iran. Pada 22 Mei 2023, kedua pesawat tersebut disebut telah diterbangkan ke Teheran, Iran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement