Advertisement

Empat Bandara Disiapkan Buat Parkir Pesawat Tamu di KTT Asean

Lorenzo Anugrah Mahardhika
Senin, 08 Mei 2023 - 20:57 WIB
Maya Herawati
Empat Bandara Disiapkan Buat Parkir Pesawat Tamu di KTT Asean Parking stand di Bandara. - Dok. AP I

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Persiapan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean 2023, di Labuan Bajo 9-11 Mei 2023 tinggal menghitung jam. PT Angkasa Pura I atau AP I menyiapkan sebanyak 36 lokasi parkir pesawat atau parking stand di 4 bandara untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean 2023 di Labuan Bajo pada 9-11 Mei 2023. 

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi memaparkan, parking stand digunakan untuk menyimpan pesawat kepresidenan dan delegasi pendukung negara-negara peserta KTT. Secara total, Angkasa Pura I menyiapkan 36 parking stand di 4 bandara yang dikelolanya.

Advertisement

Secara terperinci, AP I telah menyiapkan 18 parking stand khusus di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali untuk lokasi parkir pesawat selama penyelenggaraan KTT Asean 2023. Sementara itu, untuk contingency plan, AP I juga menyiapkan 3 bandara pendukung sebagai lokasi parkir pesawat jika diperlukan, yakni Bandara Internasional Lombok dengan 6 parking stand, Bandara El Tari Kupang dengan 4 parking stand, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 8 parking stand

"PT Angkasa Pura I siap untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan KTT Asean 2023 melalui dukungan infrastruktur bandara untuk melayani kedatangan dan keberangkatan delegasi peserta KTT, serta lokasi parkir pesawat para delegasi baik itu pesawat kepresidenan maupun delegasi pendukung," kata Faik dikutip dari keterangan resmi, Senin (8/5/2023).

Selanjutnya, AP I juga menyiapkan parking stand pada sejumlah bandara pendukung, Faik menjelaslan, AP I menyiapkan 6 parking stand di Bandara Internasional Lombok dengan konfigurasi 6 pesawat narrow body. Kemudian, sebanyak 4 parking stand disiapkan di Bandara El Tari Kupang dengan konfigurasi 2 pesawat narrow body dan 2 pesawat small body.

Di Makassar

Kemudian, sebanyak 8 parking stand di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar juga disiapkan dengan yang seluruhnya diperuntukkan pada pesawat narrow body.

Lebih lanjut, untuk melayani kedatangan delegasi setingkat kepala negara dan/atau pemerintahan, AP I telah menyiapkan Gedung VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai yang dibangun dalam rangka KTT G20 Bali lalu.

BACA JUGA: Jangan Sekali-kali Panggil Sayang kepada Rekan Kerja di Negara Ini, Ketahuan Langsung Pecat!

Sedangkan, untuk delegasi setingkat menteri akan dilayani melalui Gedung VIP, delegasi biasa melalui terminal internasional, serta delegasi yang menggunakan penerbangan charter dan jet pribadi akan dilayani melalui General Aviation Terminal (GAT).

Selain dukungan infrastruktur bandara, AP I juga secara khusus mengalokasikan beberapa personel untuk ditugaskan sementara di Bandara Labuan Bajo l. Hal ini dilakukan untuk mendukung kegiatan operasional serta membantu koordinasi pengaturan pesawat delegasi peserta KTT Asean 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Gempur Rokok Ilegal

Advertisement

alt

Pemkab Kulonprogo Kembangkan Konservasi Air Berkelanjutan di Tiga Kapanewon

Kulonprogo
| Sabtu, 22 Juni 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement