Advertisement

AS Disebut Rugi Besar Jika Ukraina Kalah Lawan Rusia

Szalma Fatimarahma
Sabtu, 27 Mei 2023 - 13:47 WIB
Sunartono
AS Disebut Rugi Besar Jika Ukraina Kalah Lawan Rusia Seorang militer memegang bendera nasional Taiwan saat menghadiri upacara pengibaran bendera di Chiang Kai-shek Memorial Hall, di Taipei, Taiwan, 16 Maret 2018. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Senator Amerika Serikat (AS) Lindsay Graham menyebut Pemerintah AS akan mengalami kerugian besar jika Ukraina kalah dalam perang melawan Rusia. Jika AS gagal mendukung Ukraina dalam perang tersebut, maka hal tersebut akan menjadi sinyal bagi China untuk mengambil alih wilayah Taiwan. 

Seperti diketahui, Taiwan menjadi salah satu negera mitra penting bagi AS. Dalam sebuah pernyataan resmi, Taiwan bahkan disebut sebagai mitra kunci AS di kawasan Indo-Pasifik. 

Advertisement

BACA JUGA : Perang Rusia Vs Ukraina: Kondisi Bakhmut Bagaikan 

Bagi AS, Taiwan telah menjadi mitra dagang, investasi, kesehatan, semikonduktor, pendidikan, teknologi informasi, dan perkembangan nilai-nilai demokrasi.

“Tidak ada kata mundur untuk membantu Ukraina karena jika kita gagal di sini, Taiwan akan pergi,” ujar Graham kepada wartawan dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (27/5/202). 

Menurutnya, cara terbaik untuk melindungi tatanan dunia, termasuk Taiwan ialah dengan membuat Presiden Rusia Vladimir Putin kalah.  Oleh karenanya, senator senior AS ini meminta agar Presiden AS Joe Biden dan jajarannya dapat segera mengirimkan bantuan militer baru bagi Ukraina, selain bantuan senjata militer senilai US$35 miliar. 

Graham menilai, AS perlu mengirimkan bantuan berupa jet tempur F-16 dan rudal jarak jauh agar Ukraina dapat memenangkan serangan balasannya. 

“AS terlalu lambat mengirimkan senjata yang penting bagi militer Ukraina. Pesan saya kepada pemerintahan Biden adalah anda perlu berbuat lebih banyak," kata Graham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement