Advertisement

Pemerintah Siap Merekayasa Cuaca saat KTT ASEAN di Labuan Bajo

Newswire
Selasa, 09 Mei 2023 - 23:07 WIB
Arief Junianto
Pemerintah Siap Merekayasa Cuaca saat KTT ASEAN di Labuan Bajo Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko makan bersama dengan para jurnalis peliput KTT ke-42 ASEAN, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (9/5/2023). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, LABUAN BAJO—Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memastikan rekayasa telah disiapkan untuk mengamankan cuaca selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (9/5/2023).

“Dari TNI AU menyiapkan pesawatnya untuk ngebom awan-awan, terus bisa dipercepat diturunkan [awan]. Jadi kalau dari udara yang mendekat ke sini, awannya tebal, nanti disiram dengan garam supaya cair,” ujar Moeldoko.

Advertisement

Dalam KTT Ke-42 ASEAN, Indonesia memprioritaskan empat kerja sama, di antaranya memperkuat arsitektur kesehatan, dan memperkuat ketahanan pangan termasuk kelancaran rantai pasok dan fasilitasi perdagangan.

Selain itu, juga memperkuat ketahanan energi dalam mendukung transisi energi ke arah Energi Baru dan Terbarukan (EBT), termasuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik di kawasan, serta memperkuat stabilitas keuangan dalam menghadapi external shocks.

BACA JUGA: AS Kucilkan Mineral Asal Indonesia, Jokowi Bakal Temui Biden di KTT G7

Lebih lanjut, mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) tersebut memastikan infrastruktur digital selama penyelenggaraan KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo telah siap.

Dia menyampaikan berbagai antisipasi terkait dengan permasalahan jaringan telah disiapkan, sehingga diharapkan tidak akan ada hambatan-hambatan yang akan terjadi.

“Kemarin waktu kunjungan pertama dengan Pak Menteri Kominfo sudah menerima berbagai antisipasi dari teman-teman, dan sudah disiapkan semua oleh Kemkominfo, dan kita sudah mengecek dengan PT Telkom semua infrastruktur telah tersiapkan,” ujar Moeldoko.

Dalam kesempatan ini, Moeldoko meninjau para wartawan peliput KTT Ke-42 ASEAN di layanan akomodasi gratis Kapal Motor (KM) Sinabung di Pelabuhan Labuan Bajo, NTT.

“Saya yang pertama ingin menyampaikan apresiasi, rasa hormat dan terima kasih kepada teman-teman wartawan. Teman-teman media bisa memahami atas kesulitan yang dihadapi oleh Panitia KTT ASEAN, khususnya di bidang akomodasi atau kamar atau perhotelan,” ujar Moeldoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Libur Lebaran Usai, Berikut Jadwal dan Tarif Terbaru Bus Damri dari Jogja ke Bandara YIA

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement