Advertisement

Masih Banyak Kasus Anak Stunting dan TB, Indonesia Kekurangan Dokter Spesialis

Newswire
Selasa, 02 Mei 2023 - 22:07 WIB
Maya Herawati
Masih Banyak Kasus Anak Stunting dan TB, Indonesia Kekurangan Dokter Spesialis Haedar Nashir. - ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Advertisement

Harianjogja.com, SURABAYA—Jumlah anak stunting serta kasus tuberculosis (TB) yang masih banyak di Indonesia menjadi sorotan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir.

Hal itu diutarakannya saat merinci dua permasalahan kesehatan yang terjadi di Indonesia. "Pertama adalah kurangnya dokter spesialis, sehingga dalam hal ini membutuhkan terobosan dan akselerasi birokrasi agar mampu menyelesaikan krisis dokter spesialis," kata Haedar Nashir saat meresmikan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surabaya, Selasa (2/5).

Advertisement

Masalah kedua adalah persoalan kesehatan komunitas. Haedar menyebut, problem kesehatan komunitas perlu menghadirkan program-program yang berfokus pada kesehatan komunitas.

Menurutnya, Muhammadiyah kuat di bidang kesehatan komunitas karena memiliki instrumen yang lengkap, tidak hanya memiliki rumah sakit dan klinik tetapi juga struktur organisasi dari pusat sampai tingkat bawah.

BACA JUGA: JJLS Diklaim Ampuh Atasi Kemacetan di Jalur Jogja-Wonosari

"Kekuatan ini bila dimanfaatkan akan mampu menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat seperti kasus anak stunting, TB dan penyakit lainnya," katanya.

Untuk itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian terkait untuk terus mendorong akselerasi pendirian Prodi Kedokteran khususnya program spesialisasi di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah (PTMA).

Kasus anak stunting dan TB selama ini memang masih menjadi pekerjaan rumah besar dunia kesehatan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Susunan Pemain dan Head to Head PSS Sleman vs Dewa United

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:32 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement