Advertisement

April Jadi Gelombang Panas Terparah di Asia, Suhu 44 Derajat Celcius

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 25 April 2023 - 06:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
April Jadi Gelombang Panas Terparah di Asia, Suhu 44 Derajat Celcius Cuaca panas - themetrognome.in

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kawasan Asia sedang dilanda gelombang panas yang parah. Di India, fenomena ini menyebabkan kematian dan penutupan sekolah. Suhu panas juga memecahkan rekor di China.

Maximiliano Herrera, seorang ahli iklim dan sejarawan cuaca, menggambarkan suhu tinggi yang tidak biasa sebagai "gelombang panas April terburuk dalam sejarah Asia".

Advertisement

Di China, media lokal melaporkan bahwa rekor suhu terpanas terjadi di banyak lokasi, termasuk Chengdu, Zhejiang, Nanjing, Hangzhou, dan area lain di wilayah delta Sungai Yangtze.

Suhu panas yang tidak biasa juga telah dilaporkan di Asia Tenggara dalam beberapa hari terakhir, termasuk di Luang Prabang, Laos, yang mencatat 42,7C minggu ini, suhu tertinggi yang pernah terjadi dalam sejarahnya, menurut Herrera.

Vientiane juga mencatat 41,4C, hari terpanas di ibu kota, pada Sabtu. Di Thailand, stasiun pemantauan pemerintah di Tak di barat laut negara itu mencatat 45,4C pada hari Sabtu, memecahkan rekor tertinggi sebelumnya yaitu 44,6C yang dicapai di Mae Hong Son pada 28 April 2016.

Baca juga: Jokowi Minta Pemudik Dapat Cuti Tambahan, Ini Alasannya

Di Bangladesh, negara yang berada di garis depan krisis iklim, suhu melonjak di atas 40C di ibu kota, Dhaka, pada Sabtu, hari terpanas dalam 58 tahun, menyebabkan permukaan jalan mencair.

Seorang pejabat dari Kementerian Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Perubahan Iklim mengatakan, jika panas tidak mereda, mereka akan mengumumkan darurat suhu di daerah tertentu.

Dalam beberapa tahun terakhir, India menjadi sangat rentan terhadap panas ekstrem, dan para ahli khawatir tahun ini bisa menjadi lebih buruk.

Gelombang panas April telah menghantam beberapa negara bagian India, dengan departemen meteorologi minggu ini mengeluarkan peringatan oranye tentang gelombang panas yang parah di beberapa bagian Bihar, Jharkhand, Odisha, Andhra Pradesh dan Benggala Barat.

Termasuk semua negara bagian dengan proporsi pekerja dan buruh pedesaan yang tinggi yang dipaksa untuk bekerja di luar bahkan saat suhu dan kelembapan melonjak.

Enam kota di utara dan timur India mencatat suhu di atas 44C sementara ibukota, Delhi, mencatat 40,4C pada Selasa. Gelombang panas diperkirakan akan berlanjut hingga setidaknya Jumat.

Departemen Meteorologi India mengatakan pada hari Selasa: “Kondisi gelombang panas kemungkinan akan berlanjut di Benggala Barat dan sebagian Bihar selama empat hari ke depan.

Oleh karena itu, kami telah mengeluarkan peringatan oranye untuk wilayah tersebut mengingat kelembapan dan suhu tinggi. Orang harus mengambil tindakan pencegahan. Wilayah ini kemungkinan akan melihat aktivitas badai sejak hari kelima ketika kondisi gelombang panas dapat mereda.”

Sekolah Ditutup

Suhu tinggi di India telah mendorong penutupan sekolah di beberapa negara bagian, sementara 13 orang meninggal dan delapan lainnya menerima perawatan medis akibat sengatan matahari setelah acara penghargaan yang diadakan di luar ruangan di negara bagian Maharashtra.

Menteri utama Benggala Barat, Mamata Banerjee, menutup semua sekolah di negara bagian itu minggu ini karena kekhawatiran akan panas yang parah, dan mendesak lembaga pendidikan swasta untuk mengambil tindakan yang sama. Anak-anak sempat mengalami gangguan kesehatan seperti sakit kepala akibat panas, katanya, menurut media setempat.

Cuaca panas yang tidak biasa juga mendorong peringatan kesehatan di Thailand, di mana departemen kesehatan memperingatkan risiko sengatan panas, terutama bagi orang yang berolahraga atau bekerja berjam-jam di luar, seperti pekerja bangunan dan petani.

Ada kekhawatiran suhu tinggi dapat berlanjut di Thailand melebihi bulan-bulan musim panas yang biasa, menyebabkan kekeringan dan potensi gagal panen.

“Ratusan stasiun di lebih dari selusin negara memecahkan rekor”, kata Herrera. Mereka termasuk Kalewa di Myanmar barat laut, yang mencapai 44C, rekor untuk bulan April, dan Son La di Vietnam barat laut, yang mencapai 38C, rekor untuk bulan apa pun.

Temperatur naik di atas 30C di Jepang, dengan Minamata di prefektur Kumamoto mencapai 30,2C, rekor bulan April untuk area tersebut. Temperatur yang sangat tidak biasa untuk bulan ini juga tercatat di Asia Tengah, termasuk di Kazakhstan, di mana 33,6C tercatat di Taraz, rekor untuk bulan April, dan di Turkmenistan dan Uzbekistan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Komplotan Spesialis Pengganjal ATM di Gerai Ritel Modern Ditangkap Polresta Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement