Advertisement

Emak-Emak Protes Tiket Pesawat Mahal, Sandiaga Uno: Mohon Sabar

Ni Luh Anggela
Rabu, 19 April 2023 - 14:17 WIB
Jumali
Emak-Emak Protes Tiket Pesawat Mahal, Sandiaga Uno: Mohon Sabar Ilustrasi Garuda Indonesia. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, angkat bicara usai salah seorang warganet meminta agar harga tiket pesawat antardaerah lebih terjangkau.

BACA JUGA: Deretan Tiket Pesawat Termurah Hingga Termahal

Advertisement

Dalam sebuah video yang diunggah kembali oleh Sandiaga di laman Instagramnya, tampak seorang wanita sedang berada di Negeri di Atas Awan, salah satu tempat wisata di Toraja, Sulawesi Selatan.

Wanita yang diketahui bernama Nelly itu meminta pemerintah untuk menurunkan harga tiket pesawat daerah agar pariwisata di Indonesia lebih maju.

“Pak Menteri tolong dong tiket sesama Indonesia itu dimurahin, supaya pariwisata kita lebih maju, masyarakat Indonesia kalau liburan nggak perlu keluar negeri cukup di Indonesia saja. Ini aku lagi di Negeri di Atas Awan, di mana itu? Di Toraja, keren banget guys. Nggak usah keluar negeri ya, I love you Indonesia,” katanya, dikutip Rabu (19/4/2023).

Pascavideo tersebut viral, Sandiaga langsung bertemu dengan Nelly dan menyebut jumlah pesawat akan ditambah dan ketersediaan kursi juga akan ditingkatkan. Namun demikian, dia menyatakan semua upaya ini membutuhkan waktu, sehingga Sandiaga meminta masyarakat untuk bersabar.

“Sekarang jumlah pesawatnya ditambah, ketersediaan kursinya juga meningkat. Namun ini memerlukan waktu. Jadi mohon sabar, tapi kami akan bekerja keras,” ujar Sandi.

Sementara itu, usai menghadiri rapat koordinasi (rakornas) pada Senin lalu (17/4/2023), Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengimbau agar maskapai penerbangan tak mematok harga yang tinggi untuk rute antardaerah.

“Kita sekarang ini memetakan ada sesuatu yang menggembirakan, Pak Menteri [Sandiaga]. Jadi utilisasi pesawat itu lebih rendah daripada utilisasi dari penumpang, artinya keekonomiannya lebih bagus. Saya mengimbau memang tidak ada larangan untuk sampai batas atas, tapi dengan dia itu lebih ekonomis maka harganya jangan mentok-mentok,” kata Budi kepada Sandi, usai menghadiri rakornas.

Sandiaga juga berharap maskapai penerbangan dapat melakukan penyesuaian harga. Apalagi, penerbangan sudah ditambah, ketersediaan kursi sudah meningkat, dan utilisasinya juga sudah membaik, sehingga keekonomiannya juga membaik.

Dengan adanya penambahan tersebut, lanjut dia, semestinya dalam waktu dekat harga tiket pesawat sudah lebih murah.

“Mestinya kita akan melihat dalam waktu yang singkat tiket-tiket sudah di diskon terutama yang kepulangan dari mudik Lebaran ini,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja Solo Senin 5 Juni 2023

Jogja
| Senin, 05 Juni 2023, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Bukan Laut Mati, Ternyata Perairan Paling Asin di Bumi Ada di Kolam Ini

Wisata
| Minggu, 04 Juni 2023, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement