Advertisement

Pemudik Pilih Gunakan Kereta Api, Ini Alasannya

Newswire
Selasa, 18 April 2023 - 15:37 WIB
Jumali
Pemudik Pilih Gunakan Kereta Api, Ini Alasannya Ratusan pemudik dari Jakarta yang menggunakan Kereta Api Progo turun di di Stasiun Lempuyangan, Jogja, Rabu (27/4/2022)-Harian Jogja - Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sejumlah calon penumpang kereta api dengan berbagai tujuan terlihat mulai memadati Stasiun Gambir Jakarta pada Selasa (18/4) siang dengan berbagai tujuan wilayah dalam rangkaian mudik H-4 menuju Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023.

BACA JUGA: Puncak dari Arus Mudik Diperkirakan 21 April

Advertisement

Salah satu calon penumpang kereta api, Iwan (51), mengaku sengaja memilih jenis transportasi tersebut untuk mendapatkan kenyamanan dalam perjalanan. Ia mengaku sempat mudik ke kampung halamannya di Solo pada tahun lalu dengan menggunakan mobil pribadi.

"Tahun lalu juga mudik tapi pakai mobil. Wah, capek juga terutama saat harus kembali ke Jakarta. Kalau berangkat mungkin masih semangat ya, tapi pas pulangnya lumayan melelahkan. Makanya, saya pilih naik kereta api kali ini," kata Iwan kepada ANTARA, Selasa.

Meski tidak menemui hambatan kemacetan saat mudik dengan kendaraan pribadi tahun lalu, namun Iwan memutuskan untuk mengajak tiga orang anggota keluarganya kali ini untuk pulang kampung dengan memanfaatkan kereta api agar bisa menikmati momentum perjalanan.

"Santai, tinggal duduk dan melihat perjalanan. Kami juga berencana mampir dulu ke Semarang untuk berlibur karena istri belum pernah ke sana. Mungkin dua hari di Semarang, setelah itu lanjut ke Solo," papar Iwan yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di Jakarta selama 25 tahun.

Iwan mengungkapkan bahwa dirinya telah membeli tiket perjalanan kereta api sejak tiga pekan lalu melalui platform agen perjalanan secara daring. Ia juga menilai segala fasilitas dan pelayanan yang disediakan di Stasiun Gambir sudah sangat baik.

"Alurnya juga cukup jelas dari pintu masuk sampai ke peron, sehingga memudahkan calon penumpang," kata Iwan yang berencana akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan kereta api pada tanggal 2 Mei mendatang.

Sebagai informasi PT KAI Daop 1 Jakarta menyebutkan bahwa masa puncak arus mudik mulai terjadi pada hari ini. Sebanyak sekitar 23.700 penumpang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi hari ini.

Sedangkan dari Stasiun Gambir, jumlah penumpang mencapai sekitar 18 ribu orang dengan layanan 38 KA beroperasi pada hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kirab Pengantin Tebu di Pabrik Gula Madukismo

Bantul
| Selasa, 23 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement