Advertisement

Puncak Arus Mudik dari Penumpang KA dari Jakarta diperkirakan 21 April

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 15 April 2023 - 16:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Puncak Arus Mudik dari Penumpang KA dari Jakarta diperkirakan 21 April Ratusan pemudik dari Jakarta yang menggunakan Kereta Api Progo turun di di Stasiun Lempuyangan, Jogja, Rabu (27/4/2022)-Harian Jogja - Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Puncak arus mudik di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, Jakarta diperkirakan terjadi pada 21 April 2023. Tingkat okupansi volume penumpang pada tanggal tersebut mencapai 100%.

Advertisement

Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) PT KAI Daops 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, pada masa arus mudik 2023 ini, mayoritas pemesanan kereta api  dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada 17-23 April. Adapun tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 88-100%, dengan volume pemudik tertinggi tercatat pada 21 April.

Meski demikian, kata Eva, para pemudik sudah mulai memadati stasiun sejak H-7 atau sekitar sepekan menjelang Lebaran. Tercatat ada sekitar 14.000 orang yang berangkat dari Stasiun Gambir hari ini, dengan layanan 38 kereta api (KA) yang beroperasi, kata Eva dalam keterangannya, Sabtu (15/4/2023).

Salah seorang pemudik, Yuli, 43, mengatakan waktu sepekan sebelum Lebaran merupakan waktu yang tepat bagi dia dan anaknya untuk pulang ke kampung halaman di Tegal. Dia bersyukur tiket KA menuju Tegal masih tersedia meski dia baru memesan dua hari sebelum keberangkatan.

"Saya memilih kereta api karena lebih nyaman dan lebih cepat sampai tujuan. Dan Stasiun Gambir juga terbilang nyaman stasiunnya," kata Yuli saat berada di Stasiun Gambir.

Pada masa Angkutan Lebaran 2023, PT KAI Daops 1 Jakarta menyiapkan hingga 1 juta tiket KA jarak jauh, dengan total 1.513 perjalanan KA untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen selama periode 12 April hingga 3 Mei.

Jumlah tersebut sudah termasuk perjalanan KA tambahan sebanyak 303 KA. Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit, di antaranya Jogja, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement