Advertisement

Mudik 2023, Jalur Darat Menjadi yang Terpadat

Maria Yuliana Benyamin
Rabu, 05 April 2023 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Mudik 2023, Jalur Darat Menjadi yang Terpadat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memaparkan kesiapan infrastruktur transportasi mudik Lebaran 2023 dalam pertemuan dengan pemimpin redaksi media, Rabu (5/4/2023) - Maria Yuliana Benyamin

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Jalur darat diperkirakan menjadi jalur transportasi mudik terpadat tahun ini. Hal itu menyusul hasil riset Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan memprediksi sebanyak 123,8 juta orang akan melakukan mudik pada 2023.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan jumlah pemudik yang mengendarai mobil pribadi sebesar 27,32 juta orang, sedangkan yang mengendarai sepeda motor adalah sebanyak 25,13 juta orang. Sementara pemudik yang memanfaatkan moda bus adalah sebanyak 22,77 juta.

Advertisement

"Untuk mudik kali ini, pertempuran kita di darat, karena begitu masif pergerakannya," jelasnya dalam pertemuan dengan pemimpin redaksi media, Rabu (5/4/2023).

Seiring dengan hal tersebut, Kemenhub telah menyiapkan beberapa kebijakan pengaturan mobilitas di jalur darat selama mudik Lebaran tahun ini. Pertama, melakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas pada simpang dan ruas jalan, baik tol maupun nontol. 

BACA JUGA: Sejumlah Ruas Jalan Ini Rawan Longsor, Masyarakat Diimbau Waspada saat Mudik

Kedua, memfasilitasi mudik gratis untuk pemudik dengan moda transportasi sepeda motor. Budi mengatakan, hal ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. 

Ketiga, pemberlakuan pembatasan angkutan barang bahan galian seperti pasir, batu, tanah, serta angkutan bahan tambang dan bangunan.

Keempat, Kemenhub bersama Polri, TNI, Pemda, serta pihak terkait akan melakukan rekayasa lalu lintas apabila dibutuhkan. Kebijakan ini akan diberlakukan terutama di ruas rawan kemacetan dan pasar tumpah.  "Kami juga akan menambah rest area dan memastikan pasokan BBM di jalur utama yang digunakan," katanya. 

Adapun, secara umum Kemenhub berkomitmen untuk melakukan koordinasi secara intensif dengan seluruh pemangku kepentingan. Dia mengatakan, pihaknya juga akan mempersiapkan posko monitoring mudik Lebaran pada simpul dan ruas jalan strategis. 

Selanjutnya, Kemenhub juga akan inspeksi atau ramp check pada moda transportasi umum serta memperbaiki sarana prasarana yang digunakan untuk mudik. Pihaknya juga akan mengimplementasikan penggunaan QR code Satu Sehat pada seluruh moda transportasi umum. 

Kemudian, Kemenhub juga akan melakukan sosialisasi kepada petugas dan masyarakat perihal kebijakan penyelenggaraan pelayanan transportasi, aspek keselamatan dan keamanan, serta imbauan terkait dengan protokol kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini, Kamis 20 Juni 2024: Cerah Berawan Seharian

Jogja
| Kamis, 20 Juni 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement