Advertisement

Piala Lomba Dimintai Uang oleh Bea Cukai, Kemenkeu Minta Maaf

Dionisio Damara
Rabu, 22 Maret 2023 - 14:47 WIB
Jumali
Piala Lomba Dimintai Uang oleh Bea Cukai, Kemenkeu Minta Maaf Zahra viral setelah curhat menang lomba di Jepang tapi ditarik pajak / Twitter

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meminta maaf atas pengalaman buruk yang dibagikan oleh penyanyi dan penulis lagu asal Indonesia di Tokyo, Fatimah Zahratunnisa.

BACA JUGA: WNI Menang Lomba di Jepang Malah Dipajaki

Advertisement

Lewat unggahannya di akun Twitter @zahratunnisaf pekan lalu, dia menuturkan pernah ditagih Rp4 juta oleh oknum pegawai Bea Cukai saat mengirimkan piala ke Indonesia pada 2015.

“[Tahun] 2015 menang acara nyanyi di TV Jepang, pialanya dikirim ke Indonesia karena gede banget buat dibawa di pesawat. Ditagih pajak 4 juta. Padahal, hadiah lombanya gak ada hadiah uang cuma piala itu doang. Menang lomba kok nombok,” cuitnya.

Dia pun mengaku geram atas tindakan tersebut. Zahra lantas menunjukkan sejumlah bukti yang menunjukkan bahwa piala itu memang hadiah, salah satunya cuplikan video saat dirinya tampil dalam perlombaan di salah satu televisi Jepang.

Meski akhirnya mampu meyakini bahwa piala itu merupakan hadiah, oknum petugas Bea Cukai tetap melanjutkan pertanyaan yang membuat Zahra semakin geram.

“Meskipun mereka akhirnya percaya aku menang lomba, masih ditanya lagi, ‘kamu ada uang berapa sekarang? Bisa bayar berapa?’. Wah kacau emosi banget hadiah sendiri masa disuruh bayar?! Aku jawab, ‘5.000 buat ongkos naik angkot pulang!’,” tuturnya.

Akhirnya, Zahra dapat mengirimkan piala secara gratis alias tanpa biaya setelah melewati negosiasi alot. Kendati demikian, dia mengaku masih cukup kesal dengan pertanyaan yang sebelumnya dilontarkan oleh oknum pegawai Bea Cukai.

Staf Khusus Menteri Keuangan bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo lantas menanggapi cuitan tersebut melalui akun Twitter @prastow. Mewakili Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dia pun menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut.

“Mewakili Kemenkeu, kami memohon maaf secara tulus atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami sungguh berempati dan menyesalkan kejadian ini. Doa kami mbak Zahra semakin sukses. Kami berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan pelayanan,” tutur Yustinus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo Jogja Jumat 3 Mei 2024, Berangkat dari Stasiun Palur Solo

Jogja
| Jum'at, 03 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement