Advertisement

Diresmikan Jokowi, Tambak Udang di Kebumen Jadi Percontohan Nasional

Media Digital
Kamis, 09 Maret 2023 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Diresmikan Jokowi, Tambak Udang di Kebumen Jadi Percontohan Nasional Presiden Jokowi saat peresmian Tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) di Kebumen, Kamis (9/3/2023). - JIBI/Solopos

Advertisement

KEBUMEN — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) di Kebumen, Kamis (9/3/2023). Tambak seluas 60 hektare itu nantinyaa menjadi percontohan nasional akan penerapan budi daya produk perikanan berbasis manajemen modern.

Jokowi mengatakan tambak BUBK di Kebumen telah memiliki manajemen modern sehingga dapat menjadi contoh penerapan usaha budi daya produk perikanan di daerah lain. “Ini akan menjadi sebuah contoh yang nanti bisa di-copy untuk provinsi, kabupaten lain, sehingga manajemen modern yang kita lihat sekarang ini bisa di-copy untuk diterapkan di daerah lain,” kata Presiden Jokowi.

Advertisement

Ditambahkannya, di Kebumen, tambak budi daya udang vaname telah menerapkan manajemen detail yang mampu menjaga kebersihan air sehingga mendukung optimalisasi produksi.

BACA JUGA: PN Jakpus Putuskan Penundaan Pemilu, Istana Beberkan Sikap Jokowi

Total luas tambak budidaya udang di Kebumen yang diresmikan Presiden Jokowi mencapai 60 hektare. Setiap satu hektare tambak dapat menghasilkan 40 ton udang. Biaya membangun tambak tersebut mencapai Rp175 miliar. “Di tambak udang yang berbasis kawasan ini telah diselesaikan kurang lebih 60 hektare yang akan menghasilkan udang 1 hektarnya kurang lebih, kami harapkan di atas 40 ton,” paparnya.

Sebagai informasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan menyebut pembangunan tambak budidaya udang berbasis kawasan di Kebumen sekaligus untuk mencapai target produksi udang nasional 2 juta ton pada 2024. Sehingga Indonesia berkontribusi lebih banyak lagi pada kebutuhan pasar udang dunia yang nilainya mencapai US$28,3 miliar pada tahun 2021.

Tambak udang di Kebumen ini juga menerapkan konsep tambak ramah lingkungan, dengan peningkatan teknologi seperti penerapan tandon, saluran inlet dan outlet terpisah, penerapan instalasi pengolahan air limbah (IPAL), peningkatan padat tebar, pengaturan petak pemeliharaan, mekanisasi seperti kincir dan pompa, serta manajemen kesehatan ikan dan udang.

Dalam peresmian tambak udang di Kebumen itu, Jokowi turut didampingi Menteri Perikanan dan Kelautan, Sakti Wahyu Trenggono; Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto; Menteri Keuangan, Sri Mulyani; Kepala Badan Pangan, Arief Prasetyo Adi; Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo; bupati dan kepala OPD Pemkab Kebumen, serta Bupati Sumba Timur, Kristofel Praing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Bawang Merah Anjlok, Petani Bantul Terbantu Sistem Elektrifikasi

Bantul
| Sabtu, 20 Juli 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement