Advertisement

Punya Rumah Mewah bak Istana, Rafael Alun Beli Tanah di Jogja Seharga Rp1,5 miliar

Yosef Leon
Senin, 27 Februari 2023 - 16:17 WIB
Bhekti Suryani
Punya Rumah Mewah bak Istana, Rafael Alun Beli Tanah di Jogja Seharga Rp1,5 miliar Suasana salah satu rumah milik Bekas Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Jakarta II Rafael Alun Trisambodo yang berlokasi di wilayah Umbulharjo Kota Jogja, Senin (27/2/2023). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kekayaan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo belakangan disorot oleh penegak hukum karena dianggap tidak wajar. Di Jogja, Rafael Alun disebut membeli tanah seharga miliaran rupiah.

Bekas Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Jakarta II Rafael Alun Trisambodo yang belakangan disorot lantaran punya harta kekayaan yang diduga tak wajar tercatat juga mempunyai aset di wilayah Jogja. Ia memiliki sebuah rumah mewah bak istana di Jalan Ganesha II bernomor 12 RT 50 RW 5, Kelurahan Muja Muju, Kemantren Umbulharjo Kota Jogja.

Advertisement

Rafael adalah ayah dari Mario Dandy pelaku penganiayaan terhadap David yang juga anak dari pengurus ormas GP Ansor

"Seingat saya dia beli tanah kosong pada 2015 silam seharga Rp1,5 miliar dan mulai dibangun tiga tahun terakhir. Kurang lebih luasnya sekitar 2.000 meter persegi," kata tokoh masyarakat setempat, Sugiharto ditemui Senin (27/2/2023).

Menurutnya, kediaman Rafael Alun Trisambodo itu jarang ditempati. Rombongan keluarganya hanya mampir ke rumah itu sesekali saja saat perayaan hari besar keagamaan atau acara penting lainnya yang kebetulan berlokasi di Jogja. Sehari-hari rumah itu ditinggali oleh asisten rumah tangga sebanyak dua sampai tiga orang.

BACA JUGA: Ditegur Tetangga di Timoho Jogja karena Kebut-kebutan Naik Moge, Mario Dandy Menjawab Singkat

"Sebenarnya tercatat warga baru tapi kan kediaman aslinya di Jakarta. Dulu cuman sempat sowan saja ke saya pas mau membangun rumah," katanya.

Rumah itu memang tampak mencolok dibandingkan dengan rumah warga lainnya. Dari segi ukuran pun demikian, terlihat lebih besar dan megah daripada rumah-rumah lain. Pagarnya tertutup rapat setinggi kurang lebih tiga meter dengan nuansa batu alam berwarna gelap dihiasi tumbuh-tumbuhan yang menjalar.

"Rata-rata di sini rumahnya ya paling 300-400 meter persegi, rumah dia jadi salah satu rumah yang memang cukup besar di kompleks sini," ungkap Sugiharto.

BACA JUGA: Bak Istana! Begini Penampakan Rumah Rafael Alun Orangtua Mario Dandy di Timoho Jogja

Dia juga mengaku jarang bertemu dan berkomunikasi dengan keluarga tersebut. "Tapi kalau uang keamanan dan ketertiban di kampung sini ya bayar terus. Saya cuma pernah masuk satu kali ke dalam, banyak mobil mewah dan nuansa rumahnya memang terkesan eksklusif," ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement