Advertisement

Dishub dan Polres Bantul akan Tertibkan Pengguna Jalan yang Berhenti dan Berswafoto di Jembatan Kretek 2

Jumali
Rabu, 08 Februari 2023 - 14:57 WIB
Jumali
Dishub dan Polres Bantul akan Tertibkan Pengguna Jalan yang Berhenti dan Berswafoto di Jembatan Kretek 2 Gambar maket Jembatan Kretek 2. - Twitter Pemkab Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul bersama dengan Polres Bantul akan melakukan patroli di sekitaran Jembatan Kretek 2. Langkah itu dilakukan untuk memastikan tidak ada pengguna jalan yang berhenti dan melakukan swafoto di atas jembatan.

BACA JUGA: Akhirnya Jembatan Kretek II Dibuka

Advertisement

"Jika ada yang berhenti, maka kami akan melakukan teguran. Kami juga menggunakan pengeras suara untuk memberikan imbauan kepada pengguna jalan agar tidak berhenti dan melakukan swafoto, " kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Bantul Sri Harsono, Rabu (8/2/2023).

Sri mengakui saat ini banyak pengendara yang berhenti untuk berswafoto di Jembatan Kretek 2. Aktivitas yang dinilai membahayakan pengguna jalan lainnya itu biasa dilakukan pada akhir pekan. "Akhir pekan biasanya. Sabtu dan Minggu sore," jelas Sri.

Agar imbauan lebih efektif, Dishub kata Sri dalam waktu dekat bakal memasang rambu-rambu dilarang berhenti di Jembatan Kretek 2. "Selain juga larangan untuk mengurangi kecepatan dan larangan berjualan," ucap Sri.

Jembatan Kretek II resmi diuji coba fungsional oleh Pemkab Bantul pada 31 Januari 2023 lalu. Uji coba jembatan yang menghubungkan kawasan Pantai Parangtritis dan Pantai Samas itu dihelat hingga peresmian Jembatan Kretek 2.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, belum tahu sampai kapan uji coba pembukaan Jembatan Kretek 2 dilakukan, namun dimungkinkan sampai ada peresmian dari Pemerintah Pusat. Menurutnya jembatan yang menghabiskan anggaran Rp364 miliar itu rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Namun waktu peresmiannya kapan ia belum mengetahuinya.

Sambil menunggu peremian Jembatan Kretek 2, Pemkab Bantul melakukan uji coba fungsional jembatan untuk mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan yang melintas ke objek wisata pantai selatan Bantul. Sebab selama ini terjadi kepadatan lalu lintas kendaraan wisatawan terutama saat akhir pekan dan hari-hari libur.

“Kalau pembukana fungsional harus nunggu peresmian mengganggu hambatan lalu lintas, maka sekarang sah [Jembatan Kretek 2] dilintasi, dilalui kendaraan sembari kita memantau perkembangan bagaimana lalu lintas yang melintasi Jembatan kretek 2 berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ia berharap dengan uji coba fungsional Jembatan Kretek 2 masyarakat sekitar jembatan turut merawatnya dengan baik. Bahu jalan sepanjang jembatan tidak diperkenankan untuk aktivitas ekonomi seperti jualan dan sebagainya karena bisa mengganggu lalu lintas kendaraan dan juga merusak estetika jembatan.

Untuk aktivitas ekonomi di sekitar jembatan nantinya akan disiapkan oleh Pemerintah Kalurahan Tirtohargo di barat Jembatan Kretek 2 dan Pemrintah kalurahan Parangtritis di timur jembatan. Halim meminta aktivitas ekonomi bisa dilakukan oleh masyarakat atau melalui Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disbud DIY Rilis Lima Film Angkat Kebudayaan Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement