Advertisement

Fakta Kasus Susi Air: Pesawat Dibakar, Pilot dan Penumpang Disandera

Lukman Nur Hakim
Rabu, 08 Februari 2023 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Fakta Kasus Susi Air: Pesawat Dibakar, Pilot dan Penumpang Disandera Cessna Grand Caravan Commute milik Susi Air - susiair.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pesawat perintis Susi Air dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kagoya di Bandara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2/2023).

Berdasarkan informasi yang Bisnis-jaringan Harianjogja.com terima, awak pesawat yakni pilot dan penumpang menghilang dan masih ditelusuri keberadaan serta kondisinya. 

Advertisement

Belakangan diketahui bahwa sejumlah orang yang terdiri dari pilot dan pekerja bangunan puskesmas disandera oleh kelompok Egianus Kagoya. 

Adapun, pesawat perintis berkode PK - BVY terbang dari Timika menuju Paro, Kabupaten Nduga pada pagi hari.

Berdasarkan data terakhir GPS, pesawat telah mendarat di Paro, tetapi pilot terus berjalan sejauh 1 kilometer dari airstrip. 

Baca juga: Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

"Sampai saat ini informasi yang confirm adalah pesawat landing dengan aman di airstrip [bandara] Paro, 2,5 jam kemudian ELT aktif dan confirm pesawat dibakar, " ujar Direktur Susi Air Nadine Kaiser kepada Bisnis, Selasa (7/2/2023).

Dengan demikian, sambungnya, pesawat tersebut dipastikan tidak mengalami kecelakaan tetapi sengaja dirusak dan dibakar.

Kronologi Pembakaran 

Sementara itu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjelaskan kronologi pesawat Susi Air dibakar di Bandara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2/2023). Pilot dan penumpang hilang dan masih dalam proses pencarian.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati telah mendapat laporan dari Susi Air terkait kejadian ini. Pesawat Susi Air PK-BVY terbakar di Paro, Distrik Nduga.

Pesawat Susi Air tersebut tinggal landas dari Timika pukul 05.30 WIT dan mendarat di Lapangan Terbang Paro pukul 06.17 WIT. Pesawat tersebut merupakan penerbangan perintis dengan rute Timika - Paro PP.

Setelah beberapa jam, pihak Station Susi Air di Timika mendapat info dari Kapolres Kabupaten Nduga bahwa pesawat dirusak atau dibakar. Sementara itu, kondisi pilot dan penumpang masih dalam proses pencarian.

"Saat ini Ditjen Hubungan Udara terus berkoordinasi dengan pihak keamanan TNI AU, dan rencananya pihak TNI AU akan terbang kembali melintasi Lapter Paro untuk membantu observasi keadaan di sana," jelasnya saat dihubungi, Selasa (7/2/2023)

Adita melanjutkan, Ditjen Hubungan Udara memerintahkan Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah X Merauke terus memonitor dan menyampaikan kondisi terkini pada kesempatan pertama.

Sebelumnya, berdasarkan catatan Bisnis.com, awak pesawat yakni pilot dan penumpang menghilang dan masih ditelusuri keberadaan serta kondisinya.

Berdasarkan data terakhir GPS, pesawat telah mendarat di Paro, tetapi pilot terus berjalan sejauh 1 kilometer dari airstrip.

"Sampai saat ini informasi yang confirm adalah pesawat landing dengan aman di airstrip [bandara] Paro, 2,5 jam kemudian ELT aktif dan confirm pesawat dibakar, " ujar Direktur Susi Air Nadine Kaiser kepada Bisnis.com, Selasa (7/2/2023).

Dengan demikian, sambungnya, pesawat tersebut dipastikan tidak mengalami kecelakaan tetapi sengaja dirusak dan dibakar.

Polri Lakukan Pengejaran 

Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa pihaknya masih melalukan pencarian terkait dengan pilot dan penumpang pesawat Susi Air yang terbakar di bandara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2/2023).

Listyo mengatakan bahwa pihaknya bersama dengan tim gabungan masih melakukan pencarian kepada semua orang yang berada di pesawat tersebut.

“Terkait dengan perkembangan pilot dan penumpang yang diamankan oleh KKB. Saat ini sedang dalam pencarian kamu tim gabungan dari koops damai Carthenz,” ujar Listyo menkutip dari konferensi pers di akun Sekretariat Kepresidenan, Selasa (7/2/2023).

Sebelumnya, tersebar pernyataan resmi KKB terkait dengan pembakaran pesawat Susi Air di lapangan terbang Paro, Nduga. Dalam pernyataan tersebut dikatakan juga bawah pilot dari Pesawat Susi Air dilakukan penyanderaan.

Namun, pihak Polda Papua menyatakan bahwa siaran pers yang tersebar di awak media bukanlah pernyataan resmi KKB yang menamakan diri TPNPB KODAP III.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mempercepat Penanganan, Pemkab Kulonprogo Bikin Rembug Stunting

Kulonprogo
| Kamis, 25 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement