Advertisement

Cegah Penculikan Anak, Disdikpora DIY minta sekolah bentuk tim keamanan

Newswire
Kamis, 02 Februari 2023 - 11:27 WIB
Jumali
Cegah Penculikan Anak, Disdikpora DIY minta sekolah bentuk tim keamanan Ilustrasi penculikan anak. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meminta sekolah di provinsi ini membentuk tim keamanan untuk mencegah penculikan anak.

BACA JUGA: SD Gendengan Sleman Minta Siswa Bawa Bekal Sendiri karena Satu Siswa Pusing usai Terima Permen dari Orang Asing

Advertisement

"Kalau di sekolah memang pemantauan dilaksanakan sekolah, tentunya perlu membentuk tim untuk meningkatkan keamanan," kata Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya, Kamis (2/2/2023).

Untuk mengantisipasi potensi tindak kejahatan itu, menurut dia, sekolah perlu memperketat pemantauan, terutama saat jam kepulangan siswa. Tim keamanan sekolah, lanjutnya, perlu memastikan siapa yang menjemput siswa.

"Terutama tahu siapa yang biasa menjemput, kemudian bagaimana orang tua bisa menjemput anaknya tepat waktu. Itu yang perlu kita perhatikan," ujar Didik Wardaya.

Kendati hingga kini belum ada siswa di DIY yang menjadi korban penculikan, menurut dia, berbagai informasi yang beredar terkait percobaan penculikan pada anak patut menjadi kewaspadaan sekolah bersama orang tua.

"Entah itu seberapa jauh atau berapa persen kebenarannya, paling tidak itu menyadarkan kita semua untuk melindungi anak-anak baik ketika berada di sekolah maupun saat di luar sekolah," kata dia.

Demi menjamin keamanan siswa, Didik bahkan memandang Program Satu Sekolah Dua Polisi (SSDP) yang dulu pernah diterapkan masih relevan untuk digalakkan kembali. "Saya kira itu masih kita butuhkan," ucap dia.

Ia mengatakan Disdikpora DIY kini tengah mempertimbangkan untuk mengeluarkan surat edaran untuk kabupaten/kota mengantisipasi penculikan pada anak.

"Kami baru mengkaji apakah perlu membuat surat edaran, sekarang masih dikaji oleh teman-teman," kata Didik Wardaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Menghadapi Musim Kemarau, Perumdam Tirta Projotamansari Pastikan Pasokan Air Lancar

Bantul
| Jum'at, 03 Mei 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement