Advertisement

Harian Jogja

Tiga Kali Gempa di Laut Selatan dalam Sehari, Begini Kata BMKG

Newswire
Senin, 30 Januari 2023 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Tiga Kali Gempa di Laut Selatan dalam Sehari, Begini Kata BMKG Foto ilustrasi. - Antara Foto

Advertisement

Harianjogja.com, PURWOKERTO — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar tetap tenang atas gempa yang sering terjadi di laut selatan Jawa khususnya Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Barat (Jabar) dalam beberapa waktu terakhir.

"Seperti hari ini [Senin, 30/1/2023] sejak pagi hingga siang hari tercatat ada tiga gempa yang terjadi di sekitaran laut selatan Jateng-Jabar," kata petugas BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara Hery Susanto Wibowo saat dihubungi dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jateng, Senin.

Advertisement

BACA JUGA:  Tokopedia Bantu Perempuan Pelaku UMKM Memiliki NIB

Dia mengatakan rentetan gempa di laut selatan Jateng-Jabar pada Senin, tercatat pada pukul 07.40 WIB dengan magnitudo 2,9 yang berlokasi di 8,47 lintang selatan dan 109,12 bujur timur atau 83 kilometer tenggara Cilacap dengan kedalaman 34 kilometer.

Selanjutnya pada pukul 09.27 WIB dengan magnitudo 2,6 yang berlokasi di 8,44 lintang selatan dan 108,89 bujur timur atau 80 kilometer barat daya Cilacap dengan kedalaman 10 kilometer.

BACA JUGA: Foto-Foto Kerusakan Akibat Gempa Tektonik M7,5 di Maluku Barat Daya

Disusul gempa dengan magnitudo 3,8 pada pukul 14.53 WIB yang berlokasi di 8,43 lintang selatan dan 108,91 bujur timur atau 78 kilometer barat daya Cilacap dengan kedalaman 22 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi epicenter [pusat gempa] dan kedalaman hipocenter-nya dan mekanisme patahannya, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktifitas subduksi lempeng Indo Australia dengan lempeng Eurasia," kata Hery.

Gempa bermagnitudo 3,8 pada Senin (30/1/2023) pukul 14.53 WIB di barat daya Cilacap dengan kedalaman 22 kilometer./Antara

Kendati demikian, dia mengatakan aktivitas gempa yang terjadi pada Senin tersebut tidak dirasakan oleh masyarakat.

Dengan semakin seringnya terjadi gempa, kata dia, energi yang terakumulasi diharapkan terilis atau dikeluarkan secara perlahan. "Oleh karena itu, masyarakat khususnya yang bermukim di wilayah pesisir selatan Kabupaten Kebumen dan Cilacap diimbau untuk tetap tenang terhadap gempa yang terjadi dalam beberapa hari terakhir termasuk tiga gempa yang terjadi hari ini [Senin]," katanya.

Dia mengatakan jika masyarakat membutuhkan informasi terkait dengan gempa dipersilakan untuk menghubungi BMKG maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat atau mengakses kanal media sosial resmi milik BMKG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja
Baca Koran harianjogja.com

Advertisement

alt

Cegah Kekerasan Jalanan, DPRD Bantul Pertimbangkan Aturan Jam Malam

Bantul
| Selasa, 28 Maret 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Deretan Negara di Eropa yang Bisa Dikunjungi Bagi Pelancong Berduit Cekak

Wisata
| Selasa, 28 Maret 2023, 05:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement