Advertisement

Diikuti 84 Negara, Ini Fakta Menarik Miss Universe 2023

ST22
Minggu, 15 Januari 2023 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Diikuti 84 Negara, Ini Fakta Menarik Miss Universe 2023 Penampilan Miss Ukraina Viktoriia Apanasenko dalam balutan kostum nasional Warrior of Light di Miss Universe 2022. - Instagram/laksmideneefe

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Gelaran kontes kecantikan dunia Miss Universe 2022 diikuti 84 negara digelar di New Orleans Ernest N. Morial Convention Center, Louisiana, Amerika Serikat (AS), Sabtu (14/1/2023).

Kontes kecantikan pun berakhir dengan Miss USA, R'Bonney Gabriel terpilih menjadi pemenang dan dimahkotai langsung oleh Harnaaz Sandhu, Miss Universe ke-70. Kini R'Bonney Gabriel menyandang status baru sebagai Miss Universe ke-71.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Sayangnya Puteri Indonesia 2022, Laksmi De Neefe gagal masuk ke 16 besar. Sejumlah perwakilan Asia lainnya seperti Thailand dan Filipina yang langganan 16 besar pun mengikuti jejak Laksmi di ajang kontes kecantikan itu. Membuat Miss Universe tahun ini pertama kalinya dalam tujuh tahun tanpa wakil Asia.

Selain dua fakta tersebut berikut sejumlah fakta dan peristiwa yang mewarnai ajang Miss Universe 2022.

Kostum Nasional Miss Ukraina jadi sorotan

Kostum bernama Warrior of Light menjadi sorotan bukan hanya karena keindahan kostum yang membuat Viktoriia Apanasenko tampak seperti malaikat tetapi juga makna di balik kostum ikonik.

Kostum rancangan Lesia Patoka dan Crooked Feather memadukan sayap yang melebar hingga 4.5 meter dengan warna bendera Ukraina dengan body armor berbalut gaun putih dan mahkota berhiaskan bulir gandum.

Kostum dikerjakan selama empat bulan dengan persedian terbatas dan pencahayaan dari lilin akibat serangan invasi Rusia terhadap Ukraina.

"Kostum ini bukan hanya tentang orang Ukraina, tapi tentang semua orang yang memperjuangkan hak mereka, yang memperjuangkan nilai-nilai mereka yang berjuang untuk hidup mereka dan kostum ini ialah bentuk dukungan untuk mereka,” jelas Apanasenko seperti disiarkan Insider.

Lewat akun Instagram-nya dia pun menambahkan, meski berkobar, Ukraina akan terlahir kembali seperti burung phoenix dan akan bersinar dengan sinar terang kebaikan dan keyakinan. Itu juga melambangkan setiap wanita yang memperjuangkan haknya, kebebasannya, dan masa depannya.

Miss Bahrain menolak kenakan bikini

Berbeda dengan kontestan lainnya yang tampil mengenakan bikini di kompetisi baju renang Miss Bahrain, Evlin Khalifa melenggang penuh percaya diri dan menarik perhatian dengan mengenakan burkini.

Melansir dari Arab News, jubah yang dikenakan bersama burkini merah muda dari perempuan perempuan berusia 24 tahun itu terdapat tulisan “kesetaraan” dalam Bahasa Arab, diikuti dua tulisan lain dalam Bahasa Inggris berbunyi "Perempuan Arab harus diwakili" dan "Perempuan Muslim juga bisa menjadi Miss Universe."

Miss Guatemala kenakan gaun buatan desainer Indonesia
Miss Guatemala, Ivanka Batchelor tampil memukau dengan balutan gaun one shoulder dress berwarna krem dengan aksen emas di panggung gaun malam Miss Universe 2022.

Gaun malam yang menambah pesona kecantikan Batchelor ternyata hasil rancangan Hengki Kawilarang desainer Couture asal Indonesia, hal itu dikonfirmasi lewat akun resmi Miss Guatemala Universe 2022.

Hengki Kawilarang sendiri ialah desainer lulusan Lulusan Raffles Design institute di Singapura awal kiprahnya meningkat setelah keluar menjadi finalis kompetisi Concours International di Paris, busana buatannya kerap kali digunakan Syahrini, Krisdayanti, Inul Daratista dan sejumlah selebriti ternama Indonesia lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Sultan HB X: ATF 2023 Jadi Babak Baru Kerja Sama Pariwisata Lebih Bermartabat

Jogja
| Senin, 06 Februari 2023, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Simak! Ini 10 Gunung Termegah di Dunia

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement