Advertisement

Terbanyak, Warga Desa Ini Terima Rp400 Miliar Ganti Rugi Tol Jogja Solo

Taufiq Sidik Prakoso
Kamis, 12 Januari 2023 - 16:37 WIB
Budi Cahyana
Terbanyak, Warga Desa Ini Terima Rp400 Miliar Ganti Rugi Tol Jogja Solo Pembangunan Tol Jogja Solo. - Istimewa/PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM)

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Lahan dalam satu desa di Klaten akan mendapat ganti rugi Tol Jogja Solo hingga Rp400 miliar. Nilai tersebut merupakan yang terbesar yang diberikan kepada penduduk satu desa dalam jalan bebas hambatan berbayar ini.

Sebanyak 321 bidang lahan, termasuk tanah kas desa, di Desa Joton, Kecamatan Jogonalan, Klaten, menjadi yang paling luas dilewati Tol Jogja-Solo. Dari 321 bidang, baru 206 bidang lahan yang dibebaskan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Pembayaran uang ganti rugi (UGR) untuk 206 bidang dilakukan selama tiga hari. Pada Selasa (10/1/2023), UGR diberikan untuk membebaskan 70 bidang lahan. Pada Rabu (11/1/2023), UGR diberikan kepada pemilik 68 bidang lahan.

BACA JUGA: Cerita Warga yang Sedih meski Mendapat Ganti Rugi Tol Jogja Solo Miliaran Rupiah

Terakhir, Kamis (12/1/2023) ini, uang ganti rugi diserahkan kepada pemilik 68 bidang. Total UGR yang dibayarkan selama tiga hari itu senilai Rp255 miliar.

Pembebasan tanah kas desa menunggu proses musyawarah desa. Sementara, sebagian pemilik tanah pribadi belum menerima pembayaran ganti rugi Tol Jogja Solo karena masih ada kekurangan administrasi.

“Lantaran dalam validasi di LMAN [Lembaga Manajemen Aset Negara] masih ada kekurangan pemberkasan untuk dilengkapi. Mudah-mudahan tidak lama lagi cair,” kata Kasi Pengadaan Tanah Badan Pertanahan Nasional, Sulistiyono, saat ditemui di sela pembayaran UGR di Joton, Selasa.

Kepala Desa (Kades) Joton, Aris Gunawan, mengatakan lahan untuk Tol Jogja Solo di wilayah Joton berupa permukiman hingga sawah.

Selain permukiman dan sawah, ada dua masjid di wilayah Joton yang diterjang tol. Kedua masjid itu berada di tanah wakaf dan masing-masing dikelola yayasan di bawah Muhammadiyah dan yayasan di bawah NU.

BACA JUGA: Dua Kampung Hilang Dilewati Tol Jogja Solo

Sementara, tanah kas desa yang dilewati Tol Jogja Solo di Joton mencapai 25 bidang. Desa berencana menggelar musyawarah desa pada pekan depan untuk proses pelepasan tanah kas serta mencari tanah kas pengganti.

Aris mengatakan Joton menjadi desa dengan jumlah bidang lahan terdampak paling banyak di Klaten. Joton menjadi simpang susun tol.

“Ke barat itu ke arah Jogja dan yang ke timur ke arah Solo. Dari selatan itu atau dari Desa Tangkisan Pos, Kecamatan Jogonalan untuk pintu masuk dan keluar. Sementara, ke utara atau Borangan untuk exit toll,” kata Aris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ratusan Pasangan Usia Subur di Kota Jogja Ikuti KB Gratis

Jogja
| Kamis, 02 Februari 2023, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement