Advertisement

Ratusan Bekas Pabrik Dijual Murah di Situs Online, Imbas PHK?

Afiffah Rahmah Nurdifa
Kamis, 12 Januari 2023 - 14:37 WIB
Sunartono
Ratusan Bekas Pabrik Dijual Murah di Situs Online, Imbas PHK? Tampilan situs lamudi.co.id yang menampilkan penjualan bekas pabrik - tangkapan layar

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Tak sedikit industri usaha yang telah memangkas tenaga kerja alias pemutusan hubungan kerja (PHK) sepanjang 2022 lalu. Menyusul tren tersebut, banyak ditemukan penjualan bekas pabrik dan gudang di berbagai situs online.

Dalam situs Lamudi.co.id, ada ratusan pabrik dijual dengan harga variatif. Misalnya, bekas pabrik plastik di Balaraja, Tangerang dijual dengan harga murah Rp23,5 miliar untuk luas bangunan sebesar 5.030 meter persegi dan lahan seluas 7.260 meter persegi.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Di jual bangunan pabrik di Balaraja, Tangerang, pabrik eks pabrik plastik yang sudah tidak beroperasional lagi dijual murah," tulis penjual.

BACA JUGA : Jawa Tengah dan Batam Jadi Incaran Pabrik Garmen Vietnam

Penjual eks pabrik tersebut memberikan keterangan spesifikasi pabrik memiliki daya tampung listrik 630-1000 KW. Surat kepemilikan berupa SHGB (sertifikat hak guna bangunan) sampai tahun 2032.

Izin pabrik tersebut digunakan untuk zona industri. Luas muka tanah kurang lebih 90 meter persegi, panjang 114 meter persegi. Lokasi pabrik tersebut diklaim strategis, bebas banjir, dan akses kontainer 40 ft.

Di wilayah Dadap, Tangerang pun ditemukan obral pabrik dengan harga Rp117 miliar dengan ukuran bangunan sebesar 7.000 meter persegi dan ukuran lahan sebesar 9.000 meter persegi.

Adapun, keterangan dari penjual mengatakan bagunan tersebut terdiri dari ssatu bengkel mekanik, satu ruang genset, akses menampung 10 kontainer besar di dalam halaman parkiran. Selain itu, pabrik yang dijual telah memiliki sertifikat hak milik (SHM) dengan daya tampung listrik 414 kVa dan 329 kVa.

"Dijual tanah dan gudang per meter 13 juta [Nego]. Luas Gudang 7000 meter persegi [terdiri dari tiga gudang]. Lokasi di Jalan Raya Utama Perancis Perbatasan Jakarta Tangerang, dekat akses Pintu tol PIK 2. Cocok untuk izin industri dan pergudangan," tulis penjual di situs tersebut.

Sementara itu, di situs Rumah123.com kondisi serupa pun terjadi. Ada ratusan pabrik yang dijual di wilayah Tangerang, Bekasi, Karawang, dan Bogor.

Bekas pabrik dan gudang garmen di Karawang Timur diobral dengan harga Rp43 miliar. Pabrik ini memiliki luas tanah 41.750 meter persegi dan luas bangunan 20.393 meter persegi dengan daya listrik mencapai 95.000 watt.

"Dijual pabrik & gudang ex. Perusahaan ekspor garmen di Karawang Timur. SHGB sampai 2033, listrik 555 KVa. Muat kontainer 40 Feet, harga 43 M (Nego)," tulis penjual di situs Rumah123.com.

BACA JUGA : Lahan Bekas Pabrik Gamping di Gunungkidul Bakal 

Di Bogor, pabrik garmen dijual dengan harga Rp100 miliar dengan luas tanah 27.000 meter persegi dan luas bangunan 15.000 meter persegi. Penjual memberikan keterangan terkait bangunan konstruksi yang dilapisi baja dan beton. Pabrik tersebut merupakan bangunan bersertifikat SHM.

Bangunan yang berusia 10 tahun itu merupakan pabrik garmen yang operasionalnya mencakup bordir, printing atau sablon. Penjual bahkan menawarkan mesin yang terpasang di dalamnya. Dia pun memastikan kelengkapan laporan pajak dan manajemen

"Dijual cepat pabrik garmen di Bogor. Dijual berikut mesin (equipment pabrik) mesin Sewing 890 unit, Cutting Full Unit + Mesin Press, Sublimation : 2 unit + Mesin Press, Embrodery : 2 unit, Mesin Kepala 18 unit, Mesin Tomson 3 unit, Mesin Bonding 1 unit, Sablon Full Set 1 Pabrik, Tpr Mesin Fullset, Fork Lift : 1 unit, Full Furniture Office + AC," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memperkirakan sepanjang 2022 terjadi PHK lebih dari 1 juta pekerja di berbagai sektor.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani menyampaikan, kondisi tersebut mengacu dari data BPJS Ketenagakerjaan sepanjang 2022 hingga November, terdapat 919.071 klaim Jaminan Hari Tua (JHT) yang diambil setelah terkena PHK.

“Januari sampai November 2022 sebanyak 919.071 pekerja PHK, sudah pasti itu mengambil JHT karena PHK,”ujarnya dalam Konferensi Pers Apindo, Selasa (3/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ratusan Pasangan Usia Subur di Kota Jogja Ikuti KB Gratis

Jogja
| Kamis, 02 Februari 2023, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement