Advertisement

Seorang Ayah Ubah Jenis Kelamin demi Dapat Hak Asuh Anak

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 06 Januari 2023 - 22:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Seorang Ayah Ubah Jenis Kelamin demi Dapat Hak Asuh Anak Kartu penduduk Rene Salinas Ramos yang telah diubah jenis kelaminnya menjadi perempuan demi mendapatkan hak asuh anak. / Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, CUENCA—Seorang pria Ekuador memicu kontroversi setelah secara hukum mengubah jenis kelaminnya menjadi perempuan. Bukan seksualitas atau identitas gender yang menjadi alasan perubahannya, melainkan karena ia ingin mendapatkan hak asuh anak perempuannya.

Melansir Oddity Central, pria bernama René Salinas Ramos, ayah dari dua anak perempuan, menghadapi proses hukum untuk hak asuh anaknya yang selama ini tinggal bersama ibunya. Ia meyakini bahwa hukum Ekuador memihak ibu dalam kasus hak asuh dan menstigmatisasi laki-laki.

Advertisement

Ramos menyebut putrinya tinggal di lingkungan yang penuh kekerasan dengan ibu mereka dan bahwa dia tidak melihat anak-anaknya selama lebih dari lima bulan. Hal itu membuatnya memutuskan untuk mengubah jenis kelamin secara hukum untuk menyamakan kedudukan.

“Sekarang saya juga seorang ibu. Begitulah cara saya menganggap diri saya sendiri. Saya sangat yakin dengan seksualitas saya. Apa yang saya cari adalah memberikan cinta dan perlindungan yang dapat diberikan seorang ibu kepada anak-anaknya, ”kata Ramos kepada La Voz del Tomebamba.

Perubahan itu baru saja terjadi pekan lalu. Ia pergi ke Kantor Catatan Sipil di Provinsi Azuay untuk mengubah jenis kelamin di kartu identitasnya. Tidak butuh waktu lama untuk perubahan itu menjadi resmi.

Menurutnya, undang-undang mencabut hak dirinya untuk menjadi orang tua. Ia juga menambahkan bahwa pihak berwenang memandang laki-laki sebagai pencari nafkah semata, sementara secara otomatis menempatkan anak-anak dalam pengasuhan ibunya, apa pun keadaannya.

Kini, setelah ia akhirnya juga menjadi seorang “ibu”, Ramos berharap untuk meningkatkan kesadaran akan penderitaan ayah lain dalam situasi yang sama seperti dirinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Rabu 24 April 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement