Advertisement

Kantor FOLU COLL, Menteri LHK: Kerja Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Kian on the Track

Arief Junianto
Minggu, 01 Januari 2023 - 13:27 WIB
Arief Junianto
Kantor FOLU COLL, Menteri LHK: Kerja Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Kian on the Track Menteri LHK, Siti Nurbaya (kedua dari kanan) saat peresmian FOLU COLL di kompleks KLHK, Manggala Wanabakti, Jakarta, Jumat (30/12/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya meresmikan Kantor Forest and Other Land Uses Operation and Collaboration Center (FOLU COLL) di kompleks KLHK, Manggala Wanabakti, Jakarta, Jumat (30/12/2022).

Pembangunan Project Management Office (PMO) ini merupakan langkah kongkrit KLHK memastikan bahwa operasional FOLU Net Sink berjalan sesuai dengan rencana operasionalnya.

Advertisement

FOLU COLL menjadi pusat komando kegiatan operasional FOLU dan menjadi sarana komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antarlintas unit eselon I KLHK, lintas Kementerian dan Lembaga, Pemerintah pusat dan daerah guna memastikan target-target operasional FOLU berjalan ke arah vektor yang sama yakni pencapaian penurunan emisi gas rumah kaca dalam satuan CO2 equivalen.

BACA JUGA: Penggunaan Biomassa di PLTU untuk Kurangi Emisi Karbon dan Berdayakan Ekonomi Masyarakat

Operasional FOLU bekerja dalam berbagai program elemen-elemen Sektor FOLU dengan masing-masing langkah kerja secara sistematis seperti dalam hal pengurangan laju deforestasi, pengurangan laju degradasi hutan, pengaturan pembangunan hutan tanaman, pengelolaan hutan secara lestari, perhutanan sosial, rehabilitasi hutan dengan atau nonrotasi, dan tata kelola restorasi gambut.

Selain itu,  perbaikan tata air gambut, perbaikan dan konservasi mangrove, konservasi keanekaragaman hayati dan ekosistemnya, serta pengembangan berbagai instrumen kebijakan baru, pengendalian sistem pengawasan, evaluasi dan pelaksanaan komunikasi publik. 

Pusat Komando

Menteri LHK, Siti Nurbaya mengatakan FOLU COLL menjadi bukti komitmen dan aksi iklim yang well-equipped. Dia mengklaim, bisa jadi belum ada yang seperti ini di negara lain. 

"Ini menjadi langkah kongkret kami untuk memastikan bahwa operasional FOLU Net Sink 2030 berjalan sesuai dengan rencana operasionalnya," ucap dia melalui rilis, Minggu (1/1/2023).

Selain itu lanjut Menteri Siti, hal ini untuk memastikan target-target operasional FOLU berjalan ke arah vektor yang sama yakni pencapaian penurunan emisi gas rumah kaca dalam satuan CO2 equivalen.

“Saya juga mendorong FOLU COLL memberi ruang untuk shared vision dan berbagi informasi dan konsultatif berbagai pihak secara regular,” kata Menteri Siti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement