Advertisement

Putin Ogah Ucapkan Selamat Tahun Baru kepada 3 Pemimpin Negara Ini..

Newswire
Minggu, 01 Januari 2023 - 07:37 WIB
Sunartono
Putin Ogah Ucapkan Selamat Tahun Baru kepada 3 Pemimpin Negara Ini.. Presiden Rusia Vlamidir Putin - Dok. Kremlin

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Presiden Rusia Vladimir Putin enggan menyampaikan Selamat Tahun Baru kepada para pemimpin negara yang tidak bersahabat, mengutip Antara, Minggu (1/1/2023).

Pemimpin yang dianggap Rusia tidak bersahabat termasuk Presiden AS Joe Biden, Kanselir Jerman Olaf Scholz, dan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Rusia hampir tidak memiliki kontak dengan orang-orang itu.

Advertisement

Adapun Putin telah menyampaikan salam Tahun Baru 2023 kepada para kepala negara dan pemerintahan asing serta pemimpin organisasi internasional.

BACA JUGA : Perkuat Aliansi AS-Eropa, Biden Akan Peringatkan Putin

Ucapan tersebut disampaikan antara lain kepada Turki, Azerbaijan, Armenia, Belarusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan, Uzbekistan, Ossetia Selatan, Bolivia, Brazil, Hungaria, Venezuela, Vietnam, India , China, Kuba, Nikaragua, Serbia, dan Suriah.

Dalam pesannya kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Putin mengatakan hubungan saling menguntungkan antara Rusia dan Turki berkembang sangat dinamis, meskipun dalam situasi global yang sulit.

"Vladimir Putin menyatakan bahwa dalam satu tahun terakhir, kerja sama bilateral di banyak bidang telah diperluas secara signifikan, proyek bersama besar yang dirancang untuk memastikan keamanan energi regional jangka panjang berhasil dilaksanakan," kata Kremlin. 

Pernyataan tersebut merujuk pada pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir Akkuyu di Turki selatan serta pembuatan pusat gas regional Turki.

BACA JUGA : Jokowi Punya Panggilan Spesial ke Biden, Jinping dan Putin

Putin mengatakan bahwa dengan bekerja sama, Moskow dan Ankara akan dapat memastikan perluasan lebih lanjut dari seluruh kompleks kerja sama Rusia-Turki untuk kepentingan rakyat mereka, demi memperkuat stabilitas dan keamanan di Eurasia.

Sementara itu menjelang Tahun Baru 2023, Ukraina melaporkan rudal Rusia menghantam berbagai wilayahnya. Gelombang serangan ke Ibu Kota Ukraina bahkan disebut menewaskan setidaknya satu orang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penyair Joko Pinurbo Wafat, Jenazah Disemayamkan di PUKJ Bantul

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement