Advertisement

Tahun Depan, TransNusa Pakai Pesawat ARJ-21 Buatan China

Anitana Widya Puspa
Kamis, 22 Desember 2022 - 02:07 WIB
Jumali
Tahun Depan, TransNusa Pakai Pesawat ARJ-21 Buatan China Ilustrasi pesawat terbang - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT Transnusa Aviation Mandiri atau yang dikenal dengan TransNusa menambah kepemilikan pesawat regional jet baru dengan tipe COMAC ARJ21-700 buatan China yang memiliki registrasi PK-TJA.

BACA JUGA: 32 Jet Pribadi Tamu Pernikahan Kaesang-Erina Mendarat

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Direktur Utama TransNusa Bayu Sutanto mengatakan pesawat tersebut telah menjalani ferry flight dari bandara International Shanghai Pudong, China selama 6 jam dengan berhenti untuk refueling di Bandara Ho Chi Minch City, Vietnam. Pesawat Commercial Aircraft Corporation of China, Ltd (COMAC) tersebut akan mulai dioperasikan secara komersial pada Maret 2023.

"Pesawat udara regional pesawat ini nantinya akan dioperasikan oleh Transnusa untuk rute penerbangan domestik maupun regional Kawasan Asean seperti ke Kuala Lumpur, Johor Baru, Kota Kinabalu dan Singapura," ujarnya kepada Bisnis.com, Rabu (21/12/2022).

Kedatangan pesawat buatan China ini, menambah koleksi jenis pesawat yang dioperasikan oleh TransNusa. Sebelumnya, pada 6 Oktober 2022, TransNusa telah mengoperasikan layanan perdananya di segmen bertarif hemat (Low Cost Carrier/LCC) dengan mengoperasikan A320 Neo.

Selanjutnya, Bayu menyampaikan TransNusa akan kedatangan pesawat udara A320 yang keempat setelah sebelumnya teleh mengoperasikan 3 A320 serta 1 lagi ARJ21-700 pada awal tahun depan. Dengan demikian, dia menargetkan hingga tahun depan, perseroan bisa mengoperasikan sebanyak 5 pesawat untuk melayani rute domestik dan internasional.

"Jumlah pesawat hingga 2023, kami akan menambah sebanyak 3 A320 dan 2 ARJ21. Saat ini, kami sudah mengoperasikan sebanyak 3 A320 dan pada 22 Desember 2022, akan masuk lagi sebanyak 1 A320," imbuhnya.

Dengan kombinasi kedua tipe pesawat yang dioperasikan yaitu Airbus A320 dan Comac ARJ2, TransNusa akan mengembangkan rute-rute penerbangan domestik maupun internasional. Rute-rute tersebut meliputi baik Kawasan Asean maupun ke kota-kota di China dan Australia. Hal ini juga menjadi bagian dari strategi Transnusa untuk memulihkan industri penerbangan dan sekaligus pariwisata baik untuk turis domestik maupun internasional pasca pandemic Covid-19.

Transnusa mendapatkan pesawat udara ARJ21-700 buatan COMAC (Commercial Aircraft Manufacturing) yang berbasis di Shanghai dari perusahaan penyewaan pesawat udara CALC (China Aircraft Leasing Corporation) yang berbasis di Hongkong. Pesawat udara ini merupakan pesawat udara regional jet dengan kapasitas duduk 95 kursi serta mampu terbang selama 3,5 jam.

Sementara itu, dalam menyambut periode natal 2022 dan tahun baru 2023 atau Nataru, TransNusa akan memperkuat pelayanan dengan menambah jumlah pesawat serta frekuensi penerbangannya secara bertahap.TransNusa kini melayani penerbangan Jakarta-Yogyakarta menjadi tiga kali sehari, pergi-pulang, dan Jakarta-Bali sebanyak tujuh kali sehari, pergi-pulang.

TransNusa menawarkan Big Sale 12.12, yakni Jakarta-Bali mulai Rp729.000 untuk sekali jalan dan Jakarta-Yogyakarta mulai dari Rp509.000 sekali jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Begini Foto Rancangan Jembatan Pandansimo yang Menyambungkan JJLS Bantul dan Kulonprogo

Jogja
| Rabu, 08 Februari 2023, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement