Advertisement

10 Desa Dinilai Paling Transparan, Peringkat Satu Ada di Kulonprogo

Media Digital
Kamis, 08 Desember 2022 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
10 Desa Dinilai Paling Transparan, Peringkat Satu Ada di Kulonprogo Apresiasi terhadap desa yang melaksanakan keterbukaan informasi publik - Ist

Advertisement

Komisi Informasi Pusat (KIP) memilih 10 desa transparan atau keterbukaan informasi publik tingkat nasional 2022. Dari sepuluh desa tersebut dipilih peringat 1 terbaik masing-masing wilayah, yaitu Kalurahan Sendangsari, Pengasih, Kulonprogo peringkat 1 Indonesia wilayah barat, Indonesia tengah Desa Duda Timur Karangasem Bali dan wilayah timur Desa Maltara Tengah Tidore Maluku Utara.

Selengkapnya 10 desa terbaik nasional sebagai berikut, Sendangsari (Kulon Progo) DIY, Bunga Pasang Salido (Pesisir Selatan) Sumbar, Ploso (Blitar) Jatim, Titian Kuala (Kapuas Hulu) Kalbar dan Bukit Jaya (Musi Banyuasin) Sumsel. Duda Timur (Karangasem) Bali, Bokong (Kupang) NTT, Gantra (Soppeng) Sulsel, Tengin Baru (Penajam Paser Baru) Kaltim, dan Maltara Tengah (Tidore) Maluku Utara.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Lurah Sendangsari, Suhardi menerima penghargaan tersebut Kamis (08/12) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. Penghargaan diserahkan oleh Sekjend Kementrian Pemdes dan PDT, Taufik Madjid yang dalam sambutannya mengatakan, "Keterbukaan informasi desa jangan dianggap beban, apalagi sesuatu yang dikhawatirkan." Sedangkan Dirjen IKP Kementrian Kominfo, Usman Kansong mendorong desa mengembangkan potensinya dengan teknologi informasi.

BACA JUGA: Melayang di Atas Ring Road Barat, Lebar Jalan Tol Jogja YIA Mencapai 30 Meter

Ketua Pelaksanaan Apresiasi Desa 2022, Gede Narayana, melaporkan pada tahun 2022 ini evaluasi dan apresiasi desa diikuti oleh 89 desa dari 29 propinsi. Setelah dilakukan verifikasi dan penilaian berdasarkan kuisioner, selanjutnya dilakukan penilaian komprehensif melibatkan akademisi dan kementrian terkait seperti Bappenas, Kemendes dan PDT, serta Kementrian Kominfo, kunjungan lapangan untuk menentukan desa keterbukaan informasi publik.

Tujuan penilaian keterbukaan informasi publik, kata Donny, mendorong terpenuhinya akses kebutuhan informasi masyarakat, tersedianya informasi desa sesuai Standar Layanan Informasi Publik (SLIP) Desa, menghindari desa dari budaya tertutup dan mewujudkan good governance di desa.

Hadir mendampingi Lurah Sendangsari, Sekretaris Daerah Kulonprogo Drs. Triyono, MSi dan Kepala Dinas Kominfo Kulon Progo Agung Kurniawan SIP MSi.

Pj. Bupati Kulon Progo  Drs. Tri Saktiyana MSi menyambut baik dan bangga dengan penghargaan yang diraih Kalurahan Sendangsari tersebut.

Kalurahan Sendangsari menurut Tri Saktiyana sudah informatif dan komunikatif dalam pelayanan publik. "Hal ini juga didukung oleh layanan berbasis teknologi informasi, sehingga tranparan dan akuntabel, tegasnya. (**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Fokus Pengembangan Gunungkidul Beralih dari Selatan ke Utara

Gunungkidul
| Rabu, 01 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement