Advertisement

Indonesia Minim Dokter Bedah Jantung Anak, 14.000 Bayi Meninggal Setiap Tahun

Surya Dua Artha Simanjuntak
Rabu, 30 November 2022 - 18:47 WIB
Bhekti Suryani
Indonesia Minim Dokter Bedah Jantung Anak, 14.000 Bayi Meninggal Setiap Tahun Minim Dokter Bedah Jantung Anak, Menkes: 14.000 Bayi Meninggal Setiap Tahun - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa ada sekitar 14.000 bayi meninggal setiap tahun akibat kelainan jantung bawaan atau congenital heart disease.

"Kalau dihitung-hitung, ada 14.000 yang meninggal setiap tahun," ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Rabu (30/11/2022).

Advertisement

Dia mengatakan bahwa kelainan jantung bawaan menjadi penyebab kematian bayi tertinggi ketiga di Indonesia. Penyakit tersebut hanya tertinggal dari kematian prematur dan asfiksia.

GBS menjelaskan dari sekitar 4,8 juta bayi yang lahir pertahun, ada sekitar 50.000 di antaranya yang mengidap kelainan jantung bawaan.

"Dari 50.000 ini, 40 persen harus dioperasi setiap tahun. Jadi 40 persen dari 50.000 itu, 20.000 bayi kita setiap tahun harus dioperasi jantung," jelasnya.

Masalahnya, Menkes mengungkapkan, hanya ada 6.000 dokter jantung anak yang ada di Indonesia. Akibatnya, rasio antara bayi dengan kelainan jantung jauh tak sebanding dengan dokter spesialisnya.

"Saya sempat tanya dokter senior, profesor, 'Sisanya gimana?' Jawabnya, 'Seleksi alam'," ucapnya.

Menkes menjelaskan, kelainan jantung bawaan merupakan penyakit genetik. Kelainan itu menyebabkan saluran dari jantung dan paru bayi mampet.

BACA JUGA: Kasus HIV/AIDS Sleman Paling Banyak Tersebar di Depok dan Mlati

Untuk tahu saluran itu mampet atau tidak, sambungnya, bisa dengan menggunakan USG. Oleh sebab itu, salah satu solusi yang diberikan Kementrian Kesehatan adalah dengan menyediakan USG di puskesmas-puskesmas seluruh Indonesia.

Menurut Menkes, ada saluran cadangan yang bisa dibuka untuk mengatasi saluran dari jantung dan paru mepet. Namun, harus segera dapat dideteksi, salah satunya dengan USG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu 24 April 2024: PPDB Kelas Olahraga hingga Hasil Arsenal vs Chelsea Skor 5-0

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement