Advertisement

Pernikahan Kaesang dan Erina Diramaikan hingga 10 Kereta Kencana

Media Digital
Minggu, 27 November 2022 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Pernikahan Kaesang dan Erina Diramaikan hingga 10 Kereta Kencana Menteri BUMN Erick Thohir menjawab pertanyaan wartawan saat meninjau kesiapan lokasi pesta pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (27/11/2022). - JIBI/Solopos.com

Advertisement

SOLO — Pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dengan Erina Sofia Gudono, di Solo pada Desember mendatang akan diramaikan dengan kirab kereta kencana.

Kedua mempelai dan keluarga akan naik sekitar 9-10 kereta kencana pada pesta pernikahan yang bersamaan dengan Solo Car Free Day (CFD) di Jl. Slamet Riyadi, Minggu (11/12/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Sebagai informasi tradisi ngunduh mantu akan digelar di Loji Gandrung dan pesta syukuran dilakukan di Pura Mangkunegaran.

Menteri BUMN, Erick Thohir yang menjadi salah satu panitia pernikahan Kaesang-Erina, telah melakukan simulasi kirab kereta kencana, Minggu (27/11/2022).

“Alhamdulilah, ngunduh mantu di Loji Gandrung, semua acara di sana, baru naik kereta ke sini [Pura Mangkunegaran]. Tentu adat istiadat kami hormati di sini. Di sini lebih tasyakuran, tidak mengubah adat istiadat yang kami pahami dan hormati,” kata dia.

BACA JUGA: Gelar Pesta Nikah di Pura Mangkunegaran Solo, Kaesang dan Erina Catat Sejarah

Erick mengatakan ada 9-10 kereta kencana yang akan membawa Kaesang, Erina, dan keluarga pengantin dari Loji Gandrung sampai Pura Mangkunegaran. Panitia menyiapkan sembilan lokasi panggung untuk hiburan.

“Kurang lebih ada 9-10 kereta, pengantin menyapa lalu masyarakat beraktivitas normal tetapi di situ kami siapkan ada pesta rakyat. Ada sembilan titik. Delapan titik kegiatan. Ada musisi dari masyarakat, kesenian dari masyarakat,” ungkapnya.

Dia menjelaskan pesta pernikahan Kaesang-Erina di Solo tidak hanya melibatkan kerabat keluarga presiden namun melibatkan masyarakat. Bagaimana pun Presiden merupakan bagian dari masyarakat Kota Solo.

Dia mengatakan pesta pernikahan Kaesang dan Erina disiapkan supaya tidak mengganggu aktivitas warga Kota Solo pada Minggu pagi. Pesta pernikahan justru menunjukkan kultur budaya.

“Kami membutuhkan dukungan media dan semua pihak. Berharap pada acara tersebut Solo di lihat bersih, jangan nyampah, keamanan terjaga. Kami harapkan Solo menjadi salah satu tujuan wisata dunia,” jelasnya.

Dua Sesi

Dia mengatakan Solo yang dikunjungi banyak wisatawan bakal menambah lapangan pekerjaan, UMKM. Kegiatan sejumlah musyawarah nasional di Kota Solo terbukti telah menggerakkan ekonomi.

Erick tidak menjawab pertanyaan wartawan mengenai jumlah tamu yang akan diundang pada pesta penikahan Kaesang dan Erina di Kota Solo. Namun, dia mengatakan ada dua sesi acara di Pura Mangkunegaran.

“Kami rapikan dengan dua sesi. Undangan secukupnya,” jelasnya. Ia menambahkan panitia belajar dari banyaknya tamu undangan pada kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, belum lama ini.

Panitia memastikan perputaran para tamu tidak lancar/ tidak menimbulkan kepadatan. “G20 lebih ribet protokol dibandingkan acaranya. Ini kami jaga bagaimana perputaran tamu supaya jangani terlalu padat karena ada tamu negara,” ungkapnya.

Selain duta besar, lanjut Erick, sejumlah undangan dari pejabat lembaga pemerintah, antara lain DPR, MPR, DPR, sampai gubernur. Kaesang memiliki banyak teman dari jejaring sepak bola, dunia usaha, dan konten kreator.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Guru Pelaku Pelecehan Seksual Masih Mengajar di SD Gunungkidul

Gunungkidul
| Senin, 06 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement